Berendam Air Panas Ternyata Bisa Turunkan Gula Darah

Artikel, Kesehatan 0
Berendam di Air Panas Bagi Kesehatan

Berendam di Air Panas Bagi Kesehatan

Berendam Air Panas Ternyata Bisa Turunkan Gula Darah – Tubuh langsing merupakan impian bagi mereka yang kelebihan berat badan. Jika Anda merasakan hal yang sama, ada caranya. Mandi air hangat saja. Ya, berdasar penelitian terbaru, berendam di air hangat bisa membakar rata-rata 126 kalori per jam. Itu sama dengan berjalan selama 25 sampai 30 menit.

Diyakini, panas pasif seperti mandi air hangat, bisa meningkatkan kemungkinan pembakaran kalori. Tak hanya itu, mandi air hangat efektif menurunkan level gula dalam darah dibandingkan dengan bersepeda.

Dr Steve Faulkner dan timnya dari Loughborough dan Leicester Universities menemukan hasil mengejutkan tersebut saat mereka melakukan penelitian latihan alternatif untuk penderita diabetes tipe 2. Dalam penelitian itu, mereka membandingkan antara mandi air hangat dengan bersepeda dalam jangka waktu yang sama. Hasilnya signifikan. Dikutip Daily Mail, berendam selama sejam, lebih efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah dibandingkan bersepeda.

Penelitian itu melibatkan 10 lelaki yang kondisinya tidak terlalu sehat. Untuk tahap pertama, mereka diminta untuk berendam dalam air hangat di suhu 40 derajat Celsius. Subjek yang sama kemudian bersepeda di hari yang berbeda dalam intensitas yang bisa menaikkan suhu tubuh 1 derajat Celsius. Kenaikan suhu itu sama dengan kondisi saat berendam air hangat. ”Kami menemukan kalau kadar glukosa dalam darah subjek yang berendam turun 10 persen bila dibandingkan bersepeda. Hasil ini sangat tidak diduga,” kata Dr Faulkner. (Sumber:JawaPos.com).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply