Lubang Besar Menganga di Halaman Belakang Rumah Warga Australia

Berita, Internasional 0
Lubang Besar Menganga di Halaman Belakang Rumah

Lubang Besar Menganga di Halaman Belakang Rumah

Lubang Besar Menganga di Halaman Belakang Rumah Warga Australia – Lubang besar menganga di Ipswich, Queenland  Australia, pada Selasa (2/8/2016). Tiba-tiba muncul di halaman belakang rumah pasangan suami istri itu. Di halaman yang ditanami rumput itu, kemudian diikuti oleh munculnya satu lubang yang terus membesar dan dengan cepat melahap rumput-rumput di atasnya.

Suami istri McKay yang kini sudah berusia di atas 70 tahun terkejut setelah pergi ke halaman belakang untuk menyaksikan apa yang dilaporkan tetangganya. Ia menemukan lubang itu cepat sekali membesar dari semula sekitar 1 meter menjadi kira-kira 8 meter.

Dari gambar hidup yang diambil dari udara diketahui bahwa lubang itu sudah dipenuhi air lumpur, berombak dan dengan cepat merontokkan tanah-tanah di sampingnya, sehingga diameter lubangnya terus membesar. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pasangan itu segera meninggalkan rumah untuk mengungsi.

Personil teknik segera didatangkan untuk memeriksa kondisi, mencoba untuk menahan terus melebarnya lubang itu. Tuan rumah wanita, Lynn McKay kemudian menceritakan bahwa sepanjang pagi hari itu mereka berdua  bersama tetangga di sana menyaksikan ‘gejolaknya’ lubang itu, timbul rasa takut saat melihat sendiri proses membesarnya lubang. Membayangkan kalau-kalau rumahnya juga ikut ‘ditelan’.

Dalam penelitian awal, ahli memperkirakan bahwa amblesnya tanah besar kemungkinan adalah akibat dari entah erosi atau abrasi air tanah di sana yang 1 abad lalu merupakan lokasi galian tambang yang berkedalaman sekitar 60 meter.

Suami istri McKay sudah mendapat tempat penampungan sementara, dan otoritas setempat juga sudah memberikan ‘obat penenag’ berupa jaminan rumah mereka tidak akan ikut tertelan. Keluarga tua ini sudah tinggal di rumah itu selama 25 tahun. Dan 5 tahun silam banjir tinggi pernah menggenangi kawasan itu.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply