Manfaat Tersembunyi Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Artikel, Kesehatan 0
Manfaat Dan Khasiat Biji Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Biji Semangka Bagi Kesehatan

Manfaat Tersembunyi Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh – Citrullus lanatus (buah semangka) adalah buah merambat, yang banyak mengandung air. Kebanyakan warna dagingnya yang kemerahan sungguh menggoda untuk disantap di siang hari yang terik matahari.

Buah semangka banyak disukai karena daging buahnya manis menyegarkan, mudah diperoleh dan harganya pun murah. Semangka mengandung 6 persen gula dan 92 persen air. Warna merah pada daging buah semangka disebabkan oleh kandungan likopen, yang juga terkandung dalam buah berwarna merah lainnya seperti tomat.

Ternyata, bukan cuma daging semangka saja yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga bijinya. Maka dari itu jangan membuangnya. Bisa jadikan biji semangka sebagai minuman ringan yang sehat dengan cara merebusnya. Biasanya kita membuang bijinya disaat akan mengkonsumsi buah semangka. Tapi siapa sangka, ternyata biji semangka pun memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Biji semangka mengandung banyak mineral, protein, asam lemak, folat, niacin, thiamin, tembaga, fosfor, seng, besi, mangan, kalium dan magnesium. Semua senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari minum air rebusan biji semangka bagi kesehatan organ tubuh, yaitu :

Membasmi Diabetes

Biji dan daging semangka juga dipercaya dapat melawan diabetes. Untuk mengobati diabetes dengan biji semangka, caranya rebus biji semangka selama 40-45 menit. Minum air rebusan biji semangka seperti teh setiap hari sampai sembuh.

Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Air rebusan biji semangka mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah asam amino. Dengan mengonsumsi air rebusannya, dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit yang terkait dengan libido serta mengatasi masalah kardiovaskuler.

Memperbaiki Saraf, Otot, Tulang dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain tinggi kandungan nutrisi asam animo alami, biji semangka juga mengandung senyawa magnesium. Senyawa ini memiliki peran dalam mengatasi masalah saraf tubuh, rasa sakit di leher, punggung, mengurangi kecemasan, meningkatkan massa otot, meningkatkan nafsu makan, melindungi jantung dan mengurangi risiko serangan jantung, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyerap kalsium dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Sedangkan kalsium sendiri memiliki peran utama dalam memperbaiki dan menguatkan kesehatan tulang dan gigi. Dengan kalsium yang cukup, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit tulang atau osteoporosis.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Selain sangat baik membantu dehidrasi tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa semangka dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu meningkatkan libido dan mengatasi masalah kesehatan seksual, seperti disfungsi ereksi.

Merawat Kesehatan kulit dan Mencegah Penuaan

Biji semangka kaya antioksidan, senyawa ini dapat memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit tetap sehat.

Mengontrol Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah

Dalam biji semangka terdapat senyawa lain, yaitu arginine, yang memiliki peran mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah.
Demikianlah manfaat biji semangka untuk kesehatan tubuh. Jadi, mulai sekarang bila mengkonsumsi buah semangka, jangan buang bijinya. Nikmati kesegaran daging buah dan simpan bijinya untuk diolah kemudian, untuk diolah menjadi makanan dan minuman ringan super sehat. Selamat mencoba.
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply