Mendikbud Sebaiknya Fokus Pemerataan Pendidikan Ketimbang Full Day School

Artikel, Berita, Pendidikan 0
Mendikbud Sebaiknya Fokus Pemerataan Pendidikan

Mendikbud Sebaiknya Fokus Pemerataan Pendidikan

(Cikancah-Cyber) Mendikbud Sebaiknya Fokus Pemerataan Pendidikan Ketimbang Full Day School – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy diminta lebih mengutamakan kebijakan untuk pemerataan pendidikan di seluruh daerah Indonesia ketimbang mewacanakan kebijakan full day school.

Menurut anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan persoalan utama pendidikan saat ini adalah kesenjangan pendidikan antar di Pulau Jawa dengan di luar Pulau Jawa baik dari sisi mutu pendidikan dan fasilitas. Kesenjangan pendidikan ini dipastikan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia ke depan jika tetap dibiarkan.

Menurut Sofyan Tan, alasan yang disampaikan oleh Mendikbud yakni menyelaraskan jam sekolah anak dengan jam kantor orang tuanya merupakan hal yang tidak masuk akal. Sebab, tidak semua orang tua siswa menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor seharian penuh. Hal itu hanya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan lainnya. Indonesia kan bukan hanya Jakarta atau pun Surabaya, tetapi juga di Papua, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara atau pun Sumatera. Karenanya jangan jadikan persoalan di Kota Jakarta menjadi dasar satu kebijakan yang akan berlaku secara nasional,” tegasnya.

Hal yang lebih mendasar yang harus diperhatikan dari kebijakan adalah mengenai pemberian kebutuhan nutrisi bagi anak. Jika hal ini terjadi, maka justru akan menambah beban orang tua. Siapa yang akan bertanggung jawab untuk memberi makan siang para siswa jika kebijakan ini dilanjutkan. Jika dibebankan ke orangtua, maka akan banyak orangtua yang kesulitan karena menambah biaya.

Pemerintah dalam hal ini Mendikbud hendaknya juga memperhatikan kebutuhan anak didik. Terutama kebutuhan bermain, membantu orang tua, bahkan juga kebutuhan menambah pengetahuan di luar bidang akademik, seperti les musik maupun olahraga. Komisi X dipastikan akan memanggil Menteri Muhadjir Effendy untuk mempertanyakan dasar kebijakan ini,” demikian Sofyan Tan.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply