Mengapa Anak-Anak Suka Berbohong?

Artikel, Pendidikan 0
Alasan Anak Suka Berbohong

Alasan Anak Suka Berbohong

Mengapa Anak-Anak Suka Berbohong? – Berbohong itu bukan hanya milik orang dewasa. Berbohong juga biasa dilakukan anak untuk menghindari sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti menutupi rasa takut atau hukuman. Dan kebohongan semacam ini seringkali lolos dari perhatian orangtua. Salah satu kebiasaan berbohong yang paling sering dilakukan anak adalah dengan berpura-pura sakit.

Biasanya kebohongan ini kerap kali dijadikan jalan keluar oleh anak, untuk menghindari hukuman atau situasi yang tidak menyenangkan di sekolah. Hal semacam ini adalah akibat dari ketidakpahaman anak tentang arti berbohong. Orangtua mana tidak menginginkan anaknya suka berbohong. Ada beberapa alasan mengapa anak suka berbohong, dan kondisi ini wajib untuk dipahami oleh setiap orangtua.

Takut dihukum
Hasil penelitian menemukan bahwa hukuman justru membuat anak tidak mau mengatakan kebenaran. Hal ini terjadi karena kekhawatiran anak ketika dia mengatakan hal yang sebenarnya, mereka justru akan dihukum. Ada pula anak yang semula jujur menjadi berlatih berbohong karena perlakuan orangtua yang menghukumnya saat ia jujur. Karena itulah seringkali anak berbohong karena ia takut kalau berkata jujur akan dimarahi atau mendapatkan hukuman.
Ingin diperhatikan dan dipuji

Karena membutuhkan perhatian dan pujian sering kali membuat anak mengarang cerita tentang dirinya, padahal hal tersebut tidak pernah terjadi. Misalnya, anak mengatakan kepada teman-temannya bahwa dirinya berhasil menjuarai suatu lomba, baru dibelikan mainan baru yang mahal, atau akan diajak jalan-jalan ke luar negeri.

Keinginan mendapatkan pengakuan

Apabila seorang anak bergaul dengan teman-teman yang suka berbohong, ia pun akan bertingkah laku yang sama dengan teman-temannya. Sebab, hanya dengan menunjukkan perilaku yang sama anak merasa dapat diterima oleh kelompoknya.

Tuntutan orangtua yang terlalu tinggi

Kadang kala sebagai orangtua sering memberi tuntutan yang terlalu tinggi pada anak, sedangkan anak merasa tidak mampu untuk memenuhi tuntutan tersebut. Akibatnya anak pun berbohong untuk membahagiakan dan mendapatkan penerimaan dari orangtua.

Meniru orangtua atau tayangan televisi

Anak akan meniru perilaku orang dewasa disekitarnya. Jika orangtua memberikan alasan dan mengatakan sesuatu yang bersifat bohong untuk menghindari suatu kegiatan di depan anaknya, maka berarti secara tidak sadar orangtua telah memberikan contoh yang buruk kepadanya. Ketika anak melihat orangtuanya berbohong atau mengetahui orang-orang yang berbohong dari televisi, anak akan menganggap bahwa berbohong itu boleh dilakukan.

Menutupi kekurangan pada dirinya

Mengapa Anak-Anak Suka Berbohong? Anak yang merasa memiliki kekurangan tertentu biasanya akan berusaha menutupi kekurangan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berbicara bohong yang melebih-lebihkan dirinya, yang berkebalikan dengan kekurangan yang dimilikinya.

Demikian artikel tentang beberapa Mengapa Anak-Anak Suka Berbohong? Mudah-mudahan kita bisa menangani dam mencegah sikap berbohong pada anak-anak. Semoga berhasil.
Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply