Misteri Wanderley yang Mendadak Indonesia

Artikel, Berita, Olahraga 0
Wanderley Santos Monteiro Junior

Wanderley Santos Monteiro Junior

(Cikancah-cyber) Misteri Wanderley yang Mendadak Indonesia  – Teka-teki tentang kewarganegaraan Wanderley dos Santos Monteiro Junior akan segera terjawab. Ditjen Imigrasi tengah menelusuri status paspor Indonesia yang kabarnya dimiliki penyerang klub Uni Emirat Arab (UEA) Al-Nasr kelahiran Brasil itu.

Kasubbaghumas dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Heru Santoso mengatakan, imigrasi sedang mencari tahu nama dan nomor paspor Wanderley. “Kalau hanya nama sulit untuk memastikan. Kami setidaknya butuh tempat tanggal lahir dan nomor paspornya,” ujar Heru.

Jika Wanderley, lanjut Heru, seseorang yang dinaturalisasi, otomatis ada pihak sponsor. Jika dia atlet sepak bola, pasti PSSI atau Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menjadi sponsor. Karena itu, kini Ditjen Imigrasi juga tengah menunggu informasi dari PSSI ataupun Kemenpora. “Jika tidak ada sponsornya, ya paspornya tidak benar itu,” ujar Heru.

Nama Wanderley mendadak heboh di Indonesia setelah mencetak dua gol kala timnya, Al-Nasr, menang atas tuan rumah El Jaish 3-0 dalam perempat final Liga Champions Asia di Doha, Qatar, Rabu pekan lalu (24/3). Penyebabnya, dia disebut sebagai pemain Indonesia.

Football Channel Asia, misalnya, menurunkan judul Indonesian naturalized striker Wanderley double help Al-Nasr thrash El Jaish 3-0 in ACL. Pemain berposisi penyerang itu mengisi satu slot untuk pemain Asia di kuota empat penggawa asing partisipan Liga Champions Asia yang diperkenankan AFC (Asian Football Confederation/Konfederasi Sepak Bola Asia).

Padahal, dalam naturalisasi, seperti diterangkan Heru di atas, harus ada sponsornya. PSSI pun sudah menegaskan mereka tidak pernah mensponsori pemain kelahiran Campinas, Brasil, itu menjadi warga negara Indonesia.

PSSI malah akan segera berkomunikasi dengan AFC dan FIFA untuk mempertanyakan keabsahan pemain yang belum pernah merumput di Indonesia itu. “Intinya, kalau dia (Wanderley, Red) membawa nama Indonesia di pentas internasional, seharusnya sepengetahuan PSSI juga dong. Tapi, kok kami sama sekali tidak tahu tentang pemain ini,” kata Tony Apriliani, anggota komite eksekutif PSSI.

Namun, hingga kemarin, hanya AFC yang merespons. Konfederasi yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia, tersebut hanya menyebutkan bahwa yang pantas mengonfirmasi status kewarganegaraan Wanderley tersebut hanya Al-Nasr.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, setiap warga negara asing yang ingin mengajukan diri sebagai WNI setidaknya harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut atau sepuluh tahun tidak berturut-turut.

Padahal, sepanjang karir profesionalnya yang dimulai sejak 2006, tak pernah sekali pun Wanderley bermain di Indonesia. Apakah ayah atau ibunya dari Indonesia? Kalaupun demikian, di usianya sekarang, menurut hukum di Indonesia, dia sudah harus memilih salah satu kewarganegaraan.

Persoalannya, di klub dia sebelumnya yang juga berasal dari UEA, Sharjah, dia ditulis sebagai pemain Brasil. Dia bermain di klub itu sejak 2014. Lalu, tiba-tiba pada Juli tahun ini, saat bergabung dengan Al-Nasr, dia “mendadak” berpaspor Indonesia. Tanpa ada satu pun pihak di Indonesia yang bisa mengonfirmasinya.

Padahal, Indonesia tak mengakui kewarganegaraan ganda. Jadi, dilihat dari sisi mana pun, sangat mungkin paspor Wanderley palsu.

Dari mana dia mendapatkannya? Adakah mafia paspor palsu yang turut bermain dalam kasus ini? Masih harus dibuktikan.

Seperti PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah memastikan tidak pernah menjadi sponsor untuk kewarganegaraan Wanderley. Kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi itu bahkan berencana memanggil PSSI untuk mempertanyakan masalah tersebut.

Apalagi, saat ini ditengarai masih banyak kasus serupa yang belum terungkap. “Tapi, kalau status kewarganegaraannya sah, federasi harus bertindak aktif untuk memanggilnya ke timnas (tim nasional, Red),” kata Imam Nahrawi. (Sumber: JawaPos.com).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply