Revitalisasi Peranan Komite Sekolah untuk Lakukan Fundraising

Artikel, Pendidikan 0
Revitalisasi Peranan Komite Sekolah

Revitalisasi Peranan Komite Sekolah

Revitalisasi Peranan Komite Sekolah untuk Lakukan Fundraising – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) akan merevitalisasi komite sekolah. Seperti apa bentuk revitalisasi ala Mendikbud itu? Menurut Mendikbud Muhadjir satu prinsip lagi yang saya sebut manajemen sekolah dan partisipasi masyarakat.

Mendikbud Muhadjir Effendy akan merevitalisasi peranan Komite Sekolah termasuk melakukan fundraising untuk sekolah, yang saat ini dilarang kalau ada BOS, maka sekolah dilarang ambil pungutan. Itu menurut saya bertentangan dengan UU Pendidikan.

Suatu sekolah harus dibangun berdasar mangemen berbasis sekolah dan peranan serta partisipasi dari masyarakat. Berkaitan dengan manajemen sekolah, Mendikbud juga akan menanamkan bahwa kepala sekolah bukan guru, sehingga nantinya dia tidak ikut mengajar, melainkan sebagai manajer yang memikirkan perkembangan sekolah. Sedangkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dia akan berupaya membentuk ekosistem belajar yang baik.

“Keterlibatan masyarakat, keluarga, dan sekolah itu sendiri agar menjadi tempat yang nyaman untuk eksplorasi potensi-potensi di lingkungan sekolah sebagai sarana dan sumber belajar,” tuturnya. Pendidikan karakter yang berbasis partisipasi masyarakat juga akan memanfaatkan apa saja yang ada dan tersedia di lingkungan, kecerdasan dan kearifan lokal dan sebagainya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply