Sering Ngantuk dan Pusing Itu Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Otak

Artikel, Kesehatan 0
Gejala Awal Kanker Otak

Gejala Awal Kanker Otak

Sering Ngantuk dan Pusing Itu Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Otak – Mengantuk itu merupakan kondisi alamiah ketika tubuh sudah merasa capek dan butuh istirahat. Kalau mulai merasakan ngantuk terus menerus walaupun aktivitasnya tidak terlalu capek, harus mulai waspada. Soalnya rasa ngantuk berlebihan dan berkepanjangan itu salah satu gejala awal kanker otak. Kondisi ini adalah bentuk perubahan status mental dari penderita kanker otak.

Hal ini juga bisa jadi indikasi kalau ada sesuatu yang tidak normal dalam otak. Tidak hanya ngantuk berlebihan aja, harus bener-bener waspada kalau mengalami sakit kepala yang dahsyat dan terjadi terus-terusan. Ada kemungkinan sel kanker lagi tumbuh di dalam otak.

Kanker otak itu bisa juga diawali dari tumor otak. Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak yang tidak wajar dan tidak terkendali. Tumor otak primer adalah tumor yang berawal di otak. Biasanya sebagian besar tumor otak ganas itu adalah kanker sekunder, artinya sel kanker itu awalnya berasal dari organ tubuh lain yang akhirnya menyebar sampe otak. Tipe tumor otak ganas itu tergantung dari tipe sel otak ketika tumor pertama muncul.

Tingkat keganasan tumor otak dibagi jadi 4 kategori yang tergantung dari tingkat perkembangan, kecepatan pertumbuhan dan kemungkinan penyebarannya. Tumor otak stadium 1 dan 2 biasanya masih jinak sehingga tidak disebut kanker. Jika sudah ganas dan sudah masuk dalam stadium 3 dan 4 ini yang akhirnya disebut kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang menyebar dengan cepat di bagian lain otak dan tulang belakang.

Indikasi kanker otak juga ditunjukkan lewat perubahan status mental lain seperti gangguan memori, misalnya mudah lupa dan tidak mampu konsentrasi. Kalau tiba-tiba mengalami kondisi perubahan mental dan perubahan tidak wajar lainnya, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Kanker otak yang sudah di deteksi sejak dini bisa menghindari risiko kematian.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply