4 Jenis Teh dengan Khasiat Terbaik

Kesehatan, Minuman 0
Teh Oolong yang Berkhasiat

Teh Oolong yang Berkhasiat

(Cikancah-Cyber) – Beberapa tahun belakangan, banyak orang yang mengalihkan kebiasaan minum kopi di pagi hari mereka dengan teh. Teh disebut-sebut menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan, namun di saat bersamaan teh juga mempunyai kandungan kafein yang dicari oleh para penggemar kopi.

Manfaat kesehatan dari minum teh terus ditemukan selama bertahun-tahun. Bahkan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa peminum teh biasa, mempunyai kemungkinan 35 persen lebih kecil mengalami serangan jantung atau penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang sama membuat kesimpulan yang bahkan lebih penting yakni minum teh secara rutin dapat mengurangi plak pada arteri. Meski demikian, varian teh dapat membuat rumit bagi mereka yang baru belajar menikmati teh. Dilansir dari cnnindonesia.com, terdapat empat tipe teh yang bisa memberikan keuntungan maksimal pada kesehatan penikmatnya.

1. Teh Oolong

Teh ini dikemas dengan antioksidan yang tak hanya memberikan perlindungan anti-kanker, namun juga telah terbukti secara ilmiah untuk menurunkan kolesterol jahat, menurut WebMD. Tambahan lainnya adalah teh ini mempunyai kemampuan membakar lemak. Karena itu, teh jenis ini seringkali ditawarkan ke pasar sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Untuk yang ingin menggantikan kopi pagi dengan teh, Teh Oolong menjadi pilihan yang tepat karena memiliki kafein yang cukup.

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang banyak dijadikan rekomendasi oleh yogini. Lembaga Authority Nutrition bahkan mempunyai sepuluh alasan harus minum teh jenis ini. Epigallocatechin Gallete (EGCG)yang terkandung di dalamnya merupakan antioksidan yang mampu melawan beberapa penyakit. Ada juga kandungan polyphenol bernama flavonoids dan catechins, yang mampu memperbaiki radikal bebas yang rusak dalam sel. Kandungan sepuluh kali lipat polyphenol di dalam teh ini pun membuat teh hijau disebut lebih baik dari buah-buahan atau sayuran.

3. Teh Putih

Bagi mereka yang lebih memilih teh dengan aroma, teh putih menjadi pilihan yang tepat. Teh jenis ini menawarkan perlindungan kanker dan jantung, seperti halnya teh hijau karena memiliki kandungan tinggi catechins dan antioksidan lainnya. Yang paling menguntungkan adalah, teh putih lebih mempunyai kemampuan antikanker ketika dibandingkan dengan jenis teh yang lain.

4. Teh Jahe-Lemon

Jahe diketahui mempunyai banyak manfaat kesehatan seperti anti-mikroba. Ketika digabungkan dengan campuran yang sehat, dapat dipastikan bakal menghasilkan minuman yang lebih sehat lagi. Di deretan atas keuntungan dari teh jahe-lemon adalah kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Campuran kekuatan antioksidan dari jahe dan lemon menghasilkan minuman yang menguatkan, hingga dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Selain itu, teh jenis ini juga dapat mengurangi dampak diabetes. Jahe sangat kaya kandungan seng, mineral yang membantu dalam produksi dan sekresi insulin.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply