8 Langkah Aman Cegah Smartphone Hilang Karena Dicuri

Gadget, Teknologi 0
Langkah Aman Cegah Smartphone Dicuri

Langkah Aman Cegah Smartphone Dicuri

(Cikancah-Cyber) – Tidak pernah ada yang mau untuk jadi korban pencurian. Apalagi pencurian smartphone. Karena saat smartphone dicuri, bukan hanya kerugian materi dari hilangnya smartphone yang dibeli dengan harga mahal, tapi juga banyaknya file dan data penting di dalamnya. Saat itu terjadi, sudah dipastikan kamu tidak bisa tidur nyenyak.

Mengingat betapa pentingnya smartphone dalam kehidupan saat ini, maka menjaga smartphone agar tetap aman sangatlah penting. Untuk itu JalanTikus kali ini sajikan tips untuk mencegah pencurian smartphone.

Ketika smartphone hilang, data-data yang di dalamnya bisa dipastikan akan ikut hilang. Terlebih jika kamu tidak membuat cadangan file-file tersebut ke cloud storage. Maka dari itu, penting sekali untuk berjaga-jaga agar smartphone kamu tidak hilang karena dicuri. Seperti dilansir laman jalantikus.com ada delapan langkah aman agar  smartphone tidak dicuri, yakni dengan cara:

Jaga Smartphone Tetap di Dekat Kamu

Pencopetan saat pemiliknya lengah menjadi kontribusi paling tinggi dalam kasus hilangnya smartphone. Entah karena terlalu antusias saat bertemu orang atau karena terburu-buru, beberapa di antara kamu pasti pernah meninggalkan smartphone di meja saat di tempat umum.

Tanpa disadari hal ini akan memicu orang yang memiliki niat jahat untuk mengambil smartphone milikmu. Karena itu, selalu jaga agar smartphone milikmu tetap berada dalam jangkauan atau dimasukkan dalam saku celana.

Gunakan Headset Saat di Tempat Ramai

Saat sedang joging atau jalan kaki di tempat ramai, selalu gunakan headset. Kamu tidak tahu kapan ada orang yang akan meneleponmu, kan? Saat menggunakan headset, begitu ada telepon masuk, kamu tidak perlu mengeluarkan smartphone di tempat ramai.

Selain mengurangi risiko kamu mengeluarkan smartphone, dengan mendengarkan musik lewat headset, kamu juga jadi terbantu untuk lebih waspada. Saat ada orang yang mengambil smartphone milikmu secara diam-diam, kamu akan langsung sadar karena lagunya tiba-tiba terhenti.

Jangan Pake Headset Mencolok

Saat ini, berbagai macam headset bisa kamu temui di pasaran. Berbagai warna dan model akan bisa memuaskan keinginan kamu dalam mendengarkan musik. Tapi, saat pergi ke luar ruangan di tempat ramai, ada baiknya untuk tidak menggunakan headset yang mencolok. Pasalnya, para pencuri smartphone bisa berpikir bahwa kamu menggunakan smartphone mahal jika melihat headset-mu yang mencolok.

Hati-Hati Saat Ada Orang Menanyakan Waktu

Gara-gara smartphone yang sudah dibekali fitur jam, banyak di antara kita yang tidak lagi menggunakan jam tangan. Hal ini banyak digunakan para pelaku kejahatan dengan modus menanyakan waktu. Saat mereka menanyakan jam, kamu secara otomatis pasti akan mengeluarkan smartphone, sehingga penjahat jadi tahu jenis smartphone dan di mana kamu menyimpannya. Jadi, hati-hati saat ada orang menanyakan waktu di tempat sepi.

Jangan Mengetik Sambil Berjalan di Jalanan yang Ramai

Saat memang harus membuka smartphone dan membalas pesan yang masuk, sebaiknya kamu menepi. Jangan membalas pesan sambil jalan. Selain akan mengganggu pengguna jalan yang lain, kamu juga akan sulit fokus, sehingga sangat rentan terhadap pencurian smartphone.

Jaga Fokus Saat di Kendaraan Umum

Di tengah tren transportasi online seperti Go-Jek dan Uber, masih banyak orang yang setia dengan angkutan umum. Nah, buat kamu yang ke mana-mana masih menggunakan angkutan umum, jangan lupa untuk selalu fokus dan memperhatikan lingkungan sekitar angkutan umum. Selalu jaga smartphone dan barang-barang berhargamu dalam jangkauan untuk mencegah pencurian smartphone.

Aktifkan Kunci Smartphone

Entah karena malas atau memang tidak peduli soal keamanan, banyak pengguna smartphone yang tidak mengaktifkan kunci smartphone-nya. Padahal, jika sewaktu-waktu smartphone kamu dicuri, kunci pada smartphone-mu akan melindungi data-data yang ada di dalamnya.

Selalu Instal Android Device Manager

Setelah kunci smartphone-mu aktif, jangan lupa untuk menginstal Android Device Manager pada smartphone Android milikmu. Begitu aplikasi ini terinstal dan aktif di smartphone milikmu, maka kamu punya kendali penuh terhadap smartphone. Jika suatu saat kamu sedang sial dan smartphone kamu dicuri, kamu bisa melacak lokasi smartphone kamu, atau bahkan mengunci dan menghapus data yang ada di dalamnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply