Al Nasr Dinyatakan Kalah, Setelah Memakai Pemain Berpaspor Indonesia Palsu

Olahraga 0
Wanderley Santos pernah didaftarkan sebagai pemain asing Asia Al Nasr

Wanderley Santos pernah didaftarkan sebagai pemain asing Asia Al Nasr

Al Nasr Dinyatakan Kalah Setelah Memakai Pemain Berpaspor Indonesia Palsu – Al Nasr salah satu kesebelasan Uni Emirat Arab, dinyatakan kalah 0-3 dari El Jaish di perempat final Liga Champions Asia karena menggunakan pemain yang mengantongi paspor palsu Indonesia, Wanderley Santos Monteiro Junior. Keputusan ini diambil Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Sebelumnya pertandingan yang digelar pada 24 Agustus di Stadion Abdullah bin Khalifa itu dimenangi Al Nasr dengan skor 3-0. Wanderley menjadi salah satu pencetak gol.

Namun, Wanderley kemudian terungkap sebagai pengguna paspor palsu Indonesia sehingga ia dinyatakan sebagai pemain tidak sah dan hasil pertandingan pun digugurkan.

Komite Disiplin AFC telah memerintahkan hasil laga perempat final Liga Champions Asia leg pertama antara El Jaish melawan Al Nasr dibatalkan,” demikian bunyi pernyataan resmi AFC.

Komite telah menyatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari berbagai otoritas negara dan juga setelah menganalisis kasus tersebut, paspor Indonesia yang didaftarkan Wanderley adalah palsu.

Wanderley, 27, bergabung dengan Al Nasr pada Juli lalu. Kini ia telah dilarang bertanding karena muncul keraguan pada keabsahan paspornya.

Dengan mengantongi paspor Indonesia, Wanderley sendiri didaftarkan pada kompetisi Liga UEA menggunakan slot pemain asing Asia. Setiap klub hanya boleh memiliki tiga pemain asing non-Asia plus satu pemain asing berkebangsaan Asia.

AFC menyatakan tetap melanjutkan penyelidikan untuk mencari tahu pihak yang bertanggung-jawab atas pemalsuan paspor tersebut.

Pada akhir Agustus lalu, Direktorat Jenderal Keimigrasian Indonesia, telah menyatakan nama Wanderley Santos Monteiro Junior tak ada dalam daftar warga asing yang dinaturalisasi dan tidak tercantum dalam data paspor Indonesia.

Nama pemain yang bersangkutan, menurut Dirjen Keimigrasian, juga tidak pernah memasuki wilayah Indonesia, baik atas nama paspor Brasil maupun paspor lainnya. Berdasarkan penelusuran, Wanderley memang tak pernah memperkuat klub-klub sepak bola di Indonesia. Sumber:cnnindonesia.com

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply