Bacakan Dongeng Jika Ingin Anak Pintar

Pendidikan 0
Imajinasi yang kuat dan unik tidak hanya digunakan untuk membuat cerita dan permainan.

Imajinasi yang kuat dan unik tidak hanya digunakan untuk membuat cerita dan permainan.

(Cikancah-Cyber) – Albert Einstein pernah bicara mengenai dongeng untuk anak-anak. Menurutnya, jika orangtua ingin anaknya pintar, maka orangtua harus membacakan mereka dongeng. “Jika Anda ingin mereka lebih pintar, bacakan mereka dongeng yang banyak,” ujar Einstein.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, sebetulnya apa keuntungan dari membacakan dongeng pada anak-anak?

1. Dapat meningkatkan imajinasi dan budaya literasi anak.

Imajinasi yang kuat dan unik tidak hanya digunakan untuk membuat cerita dan permainan. Itu adalah faktor kunci dalam pikiran kreatif anak-anak. Itu bisa menentukan jenis pendidikan, karier, dan kehidupan mereka kelak. Dengan imajinasi ini, mereka bisa melihat budaya karena di dalam dongeng terdapat unsur budaya dan cara melakukan sesuatu. Dan dari dongeng, mereka bisa belajar hal-hal baru serta pengalaman di tempat-tempat baru.

2. Dapat mengajarkan benar dan salah.

Di dalam dongeng terdapat pelajaran moral yang kuat, pertarungan antara yang baik dan jahat, cinta dan kehilangan, dan pelajaran ini bisa berpengaruh pada anak-anak. Dilansir dari The Telegraph, Goddard Blythe sang direktur Institute for Psychology Neuro-fisiologis di Chester, mengatakan: “Dongeng membantu untuk mengajarkan anak-anak pemahaman tentang benar dan salah, bukan melalui pengajaran langsung, tetapi melalui implikasi.”

3. Dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Melihat konsekuensi dari karakter dan belajar bahwa apa yang terjadi pada mereka tergantung dari si para tokoh mengambil keputusan. Tidak semua karakter bisa menjadi teladan yang baik. Apa yang dongeng ajarkan adalah ketika sesuatu yang buruk terjadi, kamu harus membuat keputusan. Jika kamu mengambil keputusan yang benar, semuanya akan menjadi benar.

4. Dapat membantu anak-anak mengatasi emosi diri sendiri.

Dongeng tidak hanya mempersiapkan anak-anak untuk mengenal masyarakat dan bagaimana menghadapi konflik dalam diri mereka. Psikolog anak, Bruno Bettelheim, percaya bahwa dongeng dapat membantu anak-anak dalam menghadapi kecemasan mereka. Dalam dongeng, anak kecil suka membayangkan dirinya sebagai karakter utama walaupun dalam ceritanya si pemeran utama kalah melawan orang jahat.

5. Dapat membuat anak-anak senang.

Sangat menyenangkan jika anda membaca dongeng bersama-sama dengan anak. Lalu anak anda akan merasa diperhatikan dan mendapat kasih sayang yang lebih. Dan pastikan bahwa karakter utama akan menang melawan penjahat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply