Bahasa Indonesia Harus Go Internasional

Bahasa 0
Bahasa Indoenesia Go internasional

Bahasa Indoenesia Go internasional

Bahasa Indonesia Harus Go Internasional –  Gedung Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud makin ramai dikunjungi guru-guru maupun mahasiswa. Sejak diresmikan pada pada tanggal 1 September 2016 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Gedung bahasa yang mulai direnovasi sejak 1 Januari 2014 s.d. 1 Januari 2015, kemudian renovasi interior gedung dan sarana pendukung sejak 1 Januari 2015 s.d. 1 Desember 2015 ini sudah menghasilkan banyak produk.

Produk yang telah dihasilkan di antaranya, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V yang akan diluncurkan pada Oktober 2016 (bertepatan dengan Bulan Bahasa), tesaurus, glosarium, majalah, jurnal dan ensiklopedi sastra.

Adapun layanan yang telah diberikan oleh Badan Bahasa antara lain Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) serta Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Pendampingan dalam Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dan Dokumen Negara.

Mendikbud sendiri menyatakan, pemerintah menargetkan bahasa Indonesia harus menjadi bahasa pengantar di dunia internasional. Itu sebabnya berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengangkat pamor bahasa ‎Indonesia. Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia.

Mendikbud mengatakan, “Anak-anak kita jangan hanya terfokus pada penguasaan bahasa Inggris. Bahasa Indonesia harus go international. Saya gembira, Gedung Pusat Bahasa bukan hanya sekadar gedungnya yang bagus tapi banyak pengunjungnya juga. (Sumber:jpnn.com).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply