Ini Alasan Kenapa Google Doodle Bertema Wayang Golek Pada Hari Ini

Berita, Teknologi 0
Ini Alasan Kenapa Google Doodle Bertema Wayang Golek Pada Hari Ini

Dua Tokoh Wayang Golek Yang Ikut Dipopularkan Oleh Asep Sunandar Sunarya

(Cikancah-Cyber) – Anda mungkin kaget melihat laman google pencarian dengan tampilan doodle pada hari ini karena Google memberikan gambar Tokoh Wayang Golek Semar dan Cepot. Sebenarnya apa yang menjadi pertimbangan Google sampai Doodlenya bernuansa wayang golek?

Selidik punya selidik ternyata Google sengaja menjadikan Tokoh Wayang Golek itu untuk memperingati hari ulang tahun Asep Sunandar Sunarya yang semasa hidupnya dikenal dengan Dalang kawakan serta sudah menjadi maestro wayang golek yang mempopulerkan tokoh Semar dan Cepot.

Asep Sunandar Sunarya juga terkenal dengan inovasinya dalam beberapa karakter Wayang Goleknya dengan melakukan modifikasi tokoh-tokoh wayang seperti tokoh Raksasa/Buta yang bisa belah kepalanya saat terkena gada, wayang yang bisa mengeluarkan mie instan serta tokoh cepot yang kepalanya bisa mengangguk-angguk bak orang.

Asep Sunandar juga yang menjadikan tokoh Cepot sangat terkenal di masyarakat terutama Jawa Barat. Berkat suara yang khas serta gaya memainkannya Asep Sunandar sangat kental dengan tokoh Cepot. Prestasi Asep Sunandar sebagai dalang tidak hanya sampai disitu namun menurut catatan sejarahnya dalam wikipedia pada tahun 1993 Asep juga pernah diminta menjadi Dosen Luar Biasa di Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Dia mengajar selama dua bulan saja dan sempat dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis

Prestasi sang Dalang Asep Sunandar Sunarya tidak hanya ditanah air dia juga sempat melakukan pertunjukkan Wayang Golek dibeberapa negara diantaranya Inggris, Belanda, Swiss, Perancis serta Belgia. Pada Tahun 1995 Asep mendapatkan penghargaan berupa Satya Lencana Kebudayaan dari Pemerintah.

Berkat jasa dan prestasi yang dia raih semasa berkarya sebagai Dalang Wayang Golek akhirnya Google memberikan penghargaan dengan menjadikan Doodle pada hari ini 03/09/2016.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply