Jenis-jenis Sastra

Sastra 0
Jenis-jenis Sastra

Jenis-jenis Sastra

(Cikancah-Cyber) Jenis-jenis Sastra – Istilah genre berasal dari bahasa bahasa Prancis yang berati jenis. Jadi, genre sastra berarti jenis karya sastra. Ahli pikir yang pertama meletakkan dasar teori genre adalah Aristoteles dalam tulisannya yang terkenal yaitu Poetica.

Teori Aristoteles tentang jenis karya sastra didasarkan pada karya sastra Yunani klasik., tetapi yang menarik dari teori tersebut adalah teori tersebut dapat diterapkan pada karya sastra lain di seluruh dunia.

Sastra digolongkan atau dikelompkkkan menjadi dua kelompok yakni sastra imajinatif dan sastra non imajinatif. Sastra imajinatif dilihat dari bentuknya, terdiri atas 4 bentuk, yaitu :

Prosa

Prosa adalah bentuk sastra yang diuraikan menggunakan bahasa bebas dan panjang tidak terikat oleh aturan-aturan seperti dalam puisi. Yang tergolong ke dalam prosa adalah novel, cerpen, dongeng.

Puisi

Puisi adalah bentuk sastra yang diuraikan dengan menggunakan bahasa yang singkat dan padat serta indah. Puisi juga terikat oleh ketentuan atau aturan-aturan tertentu.

Drama

Drama adalah bentuk sastra yang dilukiskan dengan menggunakan bahasa yang bebas dan panjang, serta disajikan menggunakan dialog atau monolog serta akting di atas pentas. Drama ada dua pengertian, yaitu drama dalam bentuk naskah dan drama yang dipentaskan.

Prosa liris

Prosa Liris adalah bentuk sastra yang disajikan seperti bentuk puisi namun menggunakan bahasa yang bebas terurai seperti pada prosa.

Sedangkan dilihat dari isinya, sastra terdiri atas 4 macam, yaitu :

  • Epik, karangan yang melukiskan sesuatu secara obyektif tanpa mengikutkan pikiran dan perasaan pribadi pengarang.
  • Lirik, karangan yang berisi curahan perasaan pengarang secara subyektif.
  • Didaktif, karya sastra yang isinya mendidik penikmat/pembaca tentang masalah moral, tatakrama, masalah agama, dll.
  • Dramatik, karya sastra yang isinya melukiskan sesuatu kejadian(baik atau buruk) denan pelukisan yang berlebih-lebihan.

Demikian pembahasan singkat tentang Jenis-jenis Sastra (Genre Sastra), Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
Jenis-jenis Sastra,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply