Kemendikbud Alokasikan Dana Rp 20 Miliar ‎untuk Garut

Berita, Pendidikan 0
Kemendikbud Alokasikan Dana Rp 20 Miliar ‎untuk Garut

Kemendikbud Alokasikan Dana Rp 20 Miliar ‎untuk Garut

(Cikancah-Cyber) – Dana sebesar Rp 20 miliar untuk pemulihan bencana Garut, telah dialokasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, jumlah tersebut be‎lum angka riil.

“Kami belum menghitung angka pastinya, tapi yang kami siapkan sekira Rp 20 miliar. Nanti kami lihat lagi perkembangan di lapangan,” ujar Muhadjir usai meninjau lokasi sekolah yang kena banjir di Garut, tadi malam, sebagaimana dilansir oleh jpnn.com.

Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen), angka riil bantuan pusat akan dilihat dari laporan yang masuk. Tidak mungkin dana Rp 20 miliar dihabiskan semuanya untuk 13 sekolah.

“Ya kan ini anggaran negara. Keluarnya harus jelas dan sesuai kebutuhan juga. Tidak boleh asal beri, semua harus ada laporan yang jelas,” ujarnya.

‎Saat ini, lanjut Hamid, masih dalam penanganan tanggap darurat di mana pemerintah lebih menekankan langkah-langkah agar anak bisa tetap belajar.

Itu sebabnya, Kemendikbud langsung memberikan kebutuhan sekolah berupa baju seragam, sepatu, buku, dan alat tulis. Selain itu, pembersihan sekolah pun dilakukan.

“Kami targetkan dua minggu untuk tanggap darurat karena kami perlu mendata rinci kebutuhan para siswa, agar bantuan school kids sesuai ukuran masing-masing siswa,” jelasnya.

Tahap kedua, terdapat masa rehab yaitu mengecek kebutuhan di lapangan dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan tersebut.

“Kami kirim tim dari pusat supaya bisa mendata kebutuhan belajar mengajar yang diperlukan seperti komputer, tidak bisa langsung kita kirimkan uang langsung ke seluruh sekolah tadi, supaya tepat sasaran bantuannya,” pungkas Hamid‎.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply