Mendikbud: Pemahaman Kelas Internasional Selama ini Salah

Berita, Pendidikan 0
Mendikbud: Pemahaman Kelas Internasional Selama ini Salah

Mendikbud: Pemahaman Kelas Internasional Selama ini Salah

(Cikancah-cyber) Mendikbud: Pemahaman Kelas Internasional Selama ini Salah – Pemahaman kelas internasional di sekolah harus diubah karena selama ini dipandang kurang sesuai dengan konsep pendidikan. Hal tersebut menurut penilaian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

“Menurut saya kelas internasional adalah kelas yang diisi orang asing tapi belajarnya menggunakan Bahasa Indonesia, bukan kelasnya yang diisi orang Indonesia tapi menggunakan Bahasa Inggris,” kata Menteri Muhadjir dalam sebuah agenda di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pemahaman demikian sudah terlalu lama dibiarkan dan harus segera diubah, termasuk untuk tingkat pendidikan tinggi.

Mendikbud menjelaskan, seharusnya jurnal ilmiah internasional juga adalah jurnal yang tetap menggunakan Bahasa Indonesia namun memiliki kualitas dan reputasi internasional.

“Bukannya mau menjadi profesor lalu menulis jurnal Bahasa Inggris, ini sama saja mengkapitalisasi Bahasa Indonesia. Ini pendapat pribadi, saya tidak bermaksud mencampuri wewenang Kemristekdikti,” pungkasnya menambahkan.

Menteri Muhadjir mencontohkan, ketika dia mengunjungi Hongaria lebih banyak ditemukan jurnal internasional berbahasa lokal dari pada Bahasa Inggris, begitu juga di sejumlah negara Eropa lainnya.

Oleh sebab itu dia mengimbau kepada semua pihak terkait agar bisa lebih menghargai bahasa nasional sehingga diharapkan ke depan keberadaannya bisa diakui sebagai salah satu bahasa internasional.

“Terlebih sekarang sudah MEA, akan banyak orang Asia yang masuk ke Indonesia. Biarkan saja mereka ikut mencari nafkah di sini, tapi syaratnya mereka harus bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi,” ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menegaskan. (Sumber:AntaraNew.com).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply