Perancis Telah Pelajari Bahasa Indonesia Sejak Abad 18

Artikel, Bahasa 0
Perancis Telah Pelajari Bahasa Indonesia Sejak Abad 18

Perancis Telah Pelajari Bahasa Indonesia Sejak Abad 18

Perancis Telah Pelajari Bahasa Indonesia Sejak Abad 18 – Bahasa Indonesia memiliki daya pikat tersendiri. Termasuk keindahan di dalamnya. Keindahan bahasa dan sastra Indonesia terlihat dari karya-karya zaman sastra lama. Dengan demikian Pengaruh bahasa dan kesusastraan Indonesia semakin membumi di belahan dunia

Terbukti masyarakat Perancis pun ikut tertarik untuk mempelajari bahasa Indonesia di negera mode tersebut. Hal itu dikemukakan oleh Etienne Naveau, Pakar Sastra Indonesia dan Melayu di senior Institut des Langues et Civilization Orientales (Inalco) Surbone University Group, Perancis.

“Bahasa Indonesia sudah dipelajari di Perancis sejak abad 18. Kami di Perancis mempelajari Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia,” kata Etienne.

Etienne Naveau yang fasih berbahasa Indonesia itu, di Perancis merupakan pengajar bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu dia juga penerjemah karya-karya sastra Indonesia ke dalam Bahasa Perancis.

Banyak karya yang diterjemahkannya seperti cerpen, puisi, sonata dan beberapa lainnya. Tak heran, jika Etienne sangat akrab dengan sastra dan juga budaya orang Indonesia yang didapat dari karya-karya sastra Indonesia tersebut.

Apa yang disampaikan Etienne Naveau itu amini oleh Pakar Sastra Indonesia dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (UI), Maman S Mahayana.

“Orang-orang luar mepelajari kesusasteraan Indonesia, kita harus tahu itu. Kita harus tahu bahwa kesusasteraan Indonesia itu berpengaruh, terkenal dan dipelajari banyak orang. Luas da nada di mana-mana,” kata Maman. Sumber : jawapos.com.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply