Sebenarnya Apa Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api?

Artikel, Unik & Aneh 0
Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

Sebenarnya Apa Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api? – Di sekitar rel kereta api akan ditemukan batu-batu kecil atau kerikil. Penggunaan batu-batu kecil tersebut ada alasan yang melatar belakanginya. Termasuk penggunaan batu-batu kecil itu. Batu-batu kecil itu berfungsi sebagai:

Bantalan Pemberat

Struktur rel kereta tidak hanya terdiri dari besi, tapi juga bantalan rel yang biasanya terbuat dari kayu atau beton. Bantalan ini yang akan menjaga posisi besi rel berdiri tegak, dan tetap pada posisi yang aman.

Batu kerikil ini akan membantu kinerja dari bantalan rel. Batu kerikil akan membantu menjaga struktur bantalan dan juga besi rel agar kereta bisa berjalan dengan stabil.

Menyerap Getaran

Batu kerikil akan menjadi penyerap getaran ketika kereta melintas. Laju kereta yang sangat cepat saat melintas, akan menimbulkan ancaman untuk bangunan di sekitar rel. Maka dibutuhkan elemen yang dapat meredam getaran itu.

Mencegah rerumputan tumbuh

Batu kerikil ini akan mencegah berbagai jenis rumput untuk tumbuh di sekitar rel. Tumbuhnya rumput di sekitar rel akan menjadi gembur, otomatis tanah akan menjadi tidak stabil dan membahayakan jika kereta melintas.

Memperlancar aliran air

Ketika hujan, air akan mengalir lebih lancar pada kerikil. Ketika air menggenang potensi tanah ambles dan rel anjlok sangat tinggi, maka dengan batu kerikil diharapkan aliran air menjadi semakin lancar dan tidak memberi dampak buruk ketika hujan datang.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply