Selamat Hari Aksara Internasional

Pendidikan 0
Hari Aksara Internasional

Hari Aksara Internasional

Selamat Hari Aksara Internasional – Tanggal 8 September 2016 hari ini, ada hajatan internasional. Ya, namanya International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI). 8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.

Adanya HAI ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program atau proyek yang akan memberantas buta aksara di seluruh dunia.

Menurut Global Monitoring Report on Education for All yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2006, daerah Asia Barat dan Selatan memiliki tingkat keaksaraan orang dewasa terendah (58,6%), diikuti oleh Sub-Sahara Afrika (59,7%), dan daerah Arab (62,7%).

Negara-negara dengan melek huruf terendah di dunia adalah Burkina Faso (12,8%), Nigeria (14,4%) dan Mali (19%). Dari laporan ini menunjukkan hubungan yang jelas antara tingkat buta huruf yang rendah di sebuah negara, dengan kemiskinan di negara tersebut.

Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap provinsi. Pada tahun ini, Palu, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk perayaan HAI ke-51 dengan tema “Aksara untuk Pembangunan Lingkungan”. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan memberi inspirasi untuk kualitas pendidikan keaksaraan sebagai pondasi pemberdayaan masyarakat.

Tema ini selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO Literacy and Suistainable Societies atau Keaksaraan untuk Masyarakat Berkelanjutan. Pesan dari tema ini adalah menunjukkan bahwa keaksaraan bukan sekadar prioritas pendidikan, tapi merupakan investasi yang penting bagi masa depan yang berkesinambungan.(student.cnnindonesia.com).

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply