Sempurnakan Kurikulum 2013 Agar Sejalan Nawa Cita

Pendidikan 0
Sempurnakan Kurikulum 2013

Sempurnakan Kurikulum 2013

Sempurnakan Kurikulum 2013 Agar Sejalan Nawa Cita – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut kurikulum 2013 tidak terlalu sinkron dengan konsep Nawa Cita pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Mendikbud ingin kurikulum tersebut lebih disempurnakan dengan pembangunan karakter sejak dini.

“Kalau dibolehkan, saya ingin rombak Kurikulum 2013 supaya sesuai dengan platform Nawa Cita milik Presiden. Tapi pasti akan jadi ribut,” kata Muhadjir dalam kunjungan kerja di Provinsi Bengkulu, Selasa (6/9/2016) malam.

Konsep Nawa Cita menurut Muhadjir menekankan pentingnya pembangunan karakter sejak dini. Idealnya ada tolok ukur proporsi pendidikan karakter siswa.

“Untuk setingkat SD mendapat pendidikan karakter dengan porsi 70 persen. Sementara 30 persen sisanya barulah porsi pendidikan ilmu pengetahuan umum. Untuk siswa setingkat SMP, porsi untuk ilmu pengetahuan ditingkatkan menjadi 40 persen dan pendidikan karakter 60 persen. Namun Kurikulum 2013, yang disusun oleh pemerintah sebelumnya, tidak memberikan porsi yang paling tinggi untuk pendidikan budi pekerti,” paparnya.

Muhadjir menegaskan, program penguatan karakter tidak akan membatalkan Kurikulum 2013. Justru, program itu akan menjadi pelengkap kurikulum yang ada.

“Tidak (mengubah kurikulum 2013) hanya melengkapi makanya nama ko-kurikuler, hanya melengkapi atau menyempurnakan Jadi memanfaatkan lingkungan belajar, kepala sekolah harus betul jadi manajer di sekolah, dia harus bisa menggali potensi sekolah buat belajar,” imbuhnya.

Lalu bagaimana tindak lanjutnya ?

“Oleh karena itu Dirjen sudah memilih sekolah-sekolah model yang akan menyelenggarakan program penguatan pendidikan karakter sebelum nanti ini dijadikan program skala nasional,” sebut Muhadjir. (Sumber:news.detik.com).

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply