Unsur-unsur Ekstrinsik Novel

Sastra 0
Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel

(Cikancah-Cyber) Unsur-unsur Ekstrinsik Novel – Sebagaimana telah kita ketahui bahwa unsur intrinsik novel yakni, tema, amanat, alur atau plot, penokohan, gaya bahasa, latar, dan sudut pandang. Lalu apa unsur ekstrinsik sebuah novel itu?

Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar teks sastra itu, tapi mempengaruhi secara tidak langsung. Atau dalam kata lain unsur-unsur yang mempengaruhi bangun cerita sebuah karya sastra, namun tidak ikut menjadi bagian di dalamnya.
Adapun beberapa unsur Ekstrinsik Novel yaitu :
1. Sejarahatau Biografi Pengarang biasanya sejarah/biografi pengarang berpengaruh pada jalan cerita di novelnya.
2. Situasi dan Kondisi secara langsung maupun tidak langsung, situasi dan kondisi akan berpengaruh kepada hasil karya tersebut
3. Nilai-nilai dalam cerita Dalam sebuah karya sastra terkandung nilai-nilai yang disisipkan oleh    pengarang. Nilai-nilai itu antara lain :
    1. Nilai Moral, merupakan nilai yang berkaitan dengan ahklak atau budi pekerti baik buruk.
    2. Nilai Sosial, merupakan hal-hal yang berkaitan dengan norma –norma dalam kehidupan masyarakat (contonya, saling memberi, menolong, dan tenggang rasa).
    3. Nilai Budaya, merupakan konsep masalah dasar yang sangat penting dan bernilai dalam kehidupan manusia (contonya adat istiadat ,kesenian, kepercayaan, upacara adat).
    4. Nilai Estetika , merupakan nilai yang berkaitan dengan seni, keindahan dalam karya sastra (contonya tentang bahasa, alur, tema).
Demikian unsur ekstrinsik novel, unsur yang tidak ada dalam teks namun berpengaruh tehadap penulisan karya sastra. Unsur-unsur tersebut sama halnya dengan unsur intrinsik novel yakni sama-sama membangun cerita dalam karya sastra. Tanpa adanya unaur ekstrinsik dan intrinsik sebuah karya sastra tak akan bisa terwujud.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply