2 Oktober Sebagai Hari Batik Nasional, Kapan Batik Muncul?

Berita, Pendidikan 0
2 Oktober Sebagai Hari Batik Nasional

2 Oktober Sebagai Hari Batik Nasional

(Cikancah-Cyber) – Kapan batik itu muncul dan asal mula batik sampai saat ini belum dapat dipastikan. Walaupun begitu, batik dipercaya sebagai salah satu warisan Nusantara. Usaha menjaganya dari generasi ke generasi, salah satunya melalui peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober.

Penetapan tanggal peringatan itu baru muncul seiring dengan penetapan dari UNESCO yang memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Tahun 2016 merupakan tujuh tahun perayaan Hari Batik Nasional yang diakui badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Dilansir Liputan6.com, Ketua Program Studi Seni Kriya Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta, mengatakan “Tidak pernah ada yang tahu kapan batik pertama kali muncul.

Waktu yang menjadi rujukan penggunaan batik digunakan di Nusantara adalah arca Dewi Laksmi yang berada di Candi Prambanan. Patung representasi istri Dewa Siwa itu memakai pahatan kain motif kawung.

Artinya, batik sudah digunakan oleh anggota Kerajaan Mataram Kuno diperkirakan pada abad ke-7. Sulitnya melacak lahirnya batik karena motifnya diterapkan pada kain. Sementara, usia kain tidak bisa bertahan lama karena cenderung cepat koyak ditelan zaman.

Dalam pelestarian lebih lanjut, batik sering dikaitkan dengan keraton karena kain motif batik digunakan oleh raja dan para bangsawan. Hal itu menjadi latar belakang munculnya seni kriya yang berarti pembuatan alat atau perlengkapan untuk kegiatan kebudayaan keraton.

Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2016!

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply