Gempa 6,5 SR Guncang Subang

Berita, Nasional 0
Dampak Gempa Subang Luas, BNPB Imbau Warga Jakarta Waspada

Dampak Gempa Subang Luas, BNPB Imbau Warga Jakarta Waspada

(Cikancah-Cyber) – Terjadi gempa bumi berkekuatan  6,5 skala richter di wilayah utara Jawa Barat, Rabu 19 Oktober 2016, justru tak dirasakan oleh sebagian besar warga Kabupaten Subang. Aktifitas warga Subang berlangsung normal.

Seorang warga mengatakan, dirinya baru tahu ada gempa setelah mendapat SMS. Dalam SMS itu tertulis: Info Gempa Mag:6.5 SR, 19-Oct-16, 07:25:57 WIB, Lok:5.29 LS,108.00 BT (120 km TimurLaut SUBANG-JABAR), Kedlmn:654 Km ::BMKG. “Tapi kok di sini gak kerasa apa-apa. Malah yang ramai diluar Subang.

Bahkan Kepala Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Subang, Khairuddin, mengaku bingung dengan beredarnya kabar ada gempa di utara Subang, sebab tak ada pengaruh apa-apa di daerahnya dan aktivitas warga juga normal.

Kepala Bidang Batuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Subang, Ahmad Drajat didampingi Kepala Seksi Bantuan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Subang, Darmono, juga mengaku heran dengan adanya informasi telah terjadi gempa berkekuatan 6,5 skala rechter mengguncang Kabupaten Subang. Ia langsung menindaklanjut info tersebut dengan mengecek ke beberapa daerah lokasinya berada di pesisir pantai utara Subang, seperti Desa Patimban dan Mayangan.

Menurut hasil pemantauan Tagana di lapangan tak ada satu desa pun yang terdampak. Bahkan, getaranya pun tak terasa. Saat ini Subang, khususnya wilayah Kecamatan Legonkulon dan Pusakajaya aman terkendali dari dampak kejadian gempa.

Berdasarkan informasi lokasi gempa bumi itu tepat berada pada 5,29 Lintang Selatan dan 108 Bujur Timur. Titik gempa berlokasi di 120 kilometer sebelah timur laut Subang. Adapun kedalaman gempa berada pada 654 kilometer di bawah permukaan air laut.‬ Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, tetapi terasa di beberapa wilayah Utara Jawa Barat seperti Cikarang, Indramayu, Cirebon, Cianjur, sekitar 5-8 detik. Intensitas gempa yang dirasakan berkisar ringan hingga lemah.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply