Inilah Sosok Umar Bakri yang Dinyanyikan Iwan Fals

Entertainment 0
Terbongkar, Ini Sosok Umar Bakri yang Dinyanyikan Iwan Fals "Abah Landoeng"

Terbongkar, Ini Sosok Umar Bakri yang Dinyanyikan Iwan Fals “Abah Landoeng”

(Cikancah-Cyber) – Lirik awal lagu berjudul Umar Bakri yang dinyanyikan Iwan Fals begitu akrab di telinga, hususnya generasi 90-an. Umar Bakri menjadi salah satu lagu di album Sarjana Muda yang dirilis pada September 1981.

Tas hitam dari kulit buaya
Selamat pagi berkata bapak Umar Bakri
Ini hari aku rasa kopi nikmat sekali

Tas hitam dari kulit buaya
Mari kita pergi memberi pelajaran ilmu pasti
Itu murid bengalmu mungkin sudah menunggu

Dalam lagu Umar Bakri ini, Iwan Fals menceritakan sosok seorang guru sederhana yang mengajar tanpa pamrih. Dengan diiringi irama musik riang, Iwan Fals menuliskan lirik tentang penghargaannya untuk guru meskipun “… gaji guru Umar Bakri. Seperti dikebiri”.

Sebenarnya, siapakah sosok Umar Bakri yang dinyanyikan Iwan Fals itu? Ternyata, tokoh Umar Bakri bukan hanya tokoh fiktif atau rekaan semata.

inilah sosok Umar Bakri yang telah berusia lanjut itu bernama Abah Landoeng. Abah Landoeng merupakan pria asal Bandung yang lahir pada 11 Juli 1926, sebelumnya memang berprofesi sebagai guru mata pelajaran Fisika di SMP Negeri 5 Bandung.

Abah Landoeng ternyata sosok di balik lagu “Oemar Bakrie” yang fenomenal tersebut.

Pria berusia 91 tahun itu adalah guru semasa Iwan Fals menuntut ilmu di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Maka, tak heran jika ia akrab dan dekat dengan penyanyi yang juga populer membawakan lagu “Bento” tersebut.

Abah Landoeng yang kini sudah pensiun menjadi seorang pengajar sangat senang karena ia menjadi salah satu tokoh yang bisa menginspirasi lagu karya mantan muridnya itu.

Meski usianya sudah senja, Abah Landoeng tak suka berdiam diri di rumah. Ia malah tengah disibukkan dengan menghadiri berbagai acara komunitas di berbagai daerah. Yang lebih mengejutkan, ia sangat mengikuti tren, terutama dalam hal teknologi.

Abah Landhoeng berkomunikasi dengan kerabat dan keluarganya memakai WhatsApp.

Ia berkisah jika dirinya bisa sampai ke Jakarta dengan menggowes sepeda tuanya selama 12 jam. Abah ke Jakarta gowes sepeda seharian, biar bisa sekalian bagiin buku ke anak-anak di jalanan.

Umar Bakri Lagu Iwan Fals

Umar Bakri Lagu Iwan Fals

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply