Jalan Diperbatasan Desa ini Harus Menunggu 26 Tahun Untuk Mendapatkan Pengaspalan

Berita, Lokal 0

 

Jalan Diperbatasan Desa ini Harus Menunggu 26 Tahun Untuk Mendapatkan Pengaspalan

Pengaspalan Jalan Desa Bunter Yang Berbatasan Dengan Desa Sidamulya Kec. Cisaga/ws78

(Cikancah-Cyber) – Harus menunggu 26 Tahun Jalan Desa Bunter Kecamatan Sukadana yang berbatasan dengan Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga untuk mendapatkan perbaikan berupa pengaspalan. Apa sebenarnya yang menjadikan begitu lama waktu untuk mendapat perhatian dari pemerintah desa karena jalan ini adalah notabene statusnya jalan desa. Pengaspalan jalan ini terakhir di era Kuwu (Kepala Desa) Bapak Sutardi yakni Tahun 1990 an.

Beberapa Perbaikan dan Pengaspalan Tidak Pernah Sampai Perbatasan

Jalan desa ini yang mempunyai panjang sekitar 4 Km sebenarnya bukan tidak pernah dilakukan perbaikan baik pengaspalan atau pemadatan. Namun dari beberapa periode kepemimpinan di Desa Bunter selalu jalan yang berada di wilayah Dusun Cikancah tepatnya wilayah RT 002 (sekitar 850m) ini tidak pernah tersentuh dan selalu ada saja alasan ketidaksampaian pembangunan baik alasan kekurangan material atau hal lainnya.

Sebenarnya aneh juga disaat daerah lain selalu memperbaiki fasilitas umum terutama jalan biasanya dilakukan dari perbatasan, namun hal itu tidak terjadi di Desa Bunter. Bayangkan masyarakat harus menunggu sampai hampir 26 tahun untuk bisa merasakan jalan yang layak berupa aspal.

Cerita Mantan Kepala Desa Era Tahun 90 an

Disela-sela pengaspalan kami sempat bertemu dengan mantan Kepala Desa eran tahun 90 an (Bpk. Sutardi) dan berbincang-bincang santai mengenai jalan yang baru setelah 26 tahun dapat diaspal kembali. Beliau bercerita “jalan ini era saya dulu sekitar tahun 90an dimana menjadi titik awal jalan desa mendapatkan pengaspalan setelah puluhan tahun sebelumnya hanya dilakukan pemadatan”, ujarnya.

Bapak Sutardi pun bercerita waktu itu belum ada dana desa tidak seperti sekarang ini, memang harus membuat pengajuan untuk pengaspalan jalan ini dan tidak mudah, banyak hal-hal yang harus dipenuhi serta adanya kerjasama antara pemerintah desa dengan semua unsur atau lapisan masyarakat desa Bunter guna mewujudkan mimpinya agar jalan desa dapat bantuan pengaspalan, ungkapnya sambil sedikit mengenang bagaimana perjuangannya waktu itu.

Harapan Mantan Kepala Desa Dan Beberapa Tokoh Masyarakat

Mantan Kepala Desa yang terkenal ramah ini pun berharap, siapapun yang menjadi pemimpin di desa Bunter beserta stafnya dia berpesan agar selalu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan. Tidak hanya itu beliau juga punya harapan nantinya desa Bunter dapat menjadi desa yang lebih baik dan maju terutama dari tata kelola anggaran yang masuk ke rekening desa dan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat tanpa melihat status atau asalnya.

Hal itu juga diamini oleh seorang tokoh masyarakat dusun Cikancah Bapak A. Maksum yang diera bapak Sutardi juga menjabat sebagai Kepala Dusun Cikancah. Menurutnya dia bisa merasakan bagaimana berat dan susahnya dikala itu untuk bisa mewujudkan pembangunan terutama pengaspalan jalan dan perbaikan fasilitas umum lainnya. Namun tambahnya hanya kerjasama dan kebersamaan yang akhirnya bisa menimbulkan kepercayaan dari masyarakat terhadap pemimpinnya yang akhirnya bisa mewujudkan mimpi semua.

Kerjasama Dengan Semua Kalangan dan Selalu Berusaha Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Sebagai Modal Pembangunan Waktu Itu

Kritik dan Pengawasan Masyarakat Terhadap Penggunaan Anggaran

Diera sekarang ini tentunya sangat berbeda bisla dibandingkan 26 tahun yang lalu, kini sebuah desa setiap tahunnya mendapat kucuran dana desa yang besarannya sudah diatur dan disesuaikan. Tentunya dalam hal ini perlu adanya pengawasan yang ketat dan kritik membangun dari semua tokoh atau unsur di masyarakat atas penggunaan dana desa dan dana-dana lainnya yang masuk ke rekening desa.

Selain untuk mengawasi penggunaan dana-dana tersebut kiranya pemerintah desa bisa lebih selektif serta efektif dalam penggunaan dana-dana tersebut. Dengan kemajuan teknologi memang sangat membantu dalam pengawasan baik pembangunan atau apabila terjadi penyelewangan dana dari yang seharusnya. Sekarang tidak perlu lama untuk mengetahui turun tidaknya dana karena sudah serba online masyarakat bisa dengan mudah dalam hitungan detik mengetaui semua informasi.

Masyarakat Bisa Dengan Cepat Mengakses Informasi dengan Kemajuan Teknologi Termasuk Mengawasi Aliran Dana Yang Masuk Ke Rekening Desa

Meskipun cukup lama masyarakat agar bisa menikmati jalan yang mulus dengan beraspal, tapi terlihat kekompakan dan sifat gotong royong dalam pengaspalan yang dimulai hari Minggu, 9 Oktober 2016. Masyarakat pun berharap agar kedepannya kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan selalu adanya pemeraaan pembangunan disetiap Dusun. Renca pengaspalan ini memang merupakan program lanjutan dimana waktu itu sempat ada kekosongan Kepala Desa dan Bapak Asep dari Dusun Cikancah sempat memimpin beberapa bulan sebelum jatuh sakit, di era Kepala Desa Bapak Tarso sekarang ini akhirnya program tersebut bisa diwujudkan.

Gallery Photo Pengaspalan :

 

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply