Mengkritik atau Memuji Berbagai Karya Sastra dengan Menggunakan Bahasa yang Lugas dan Santun

Bahasa, Sastra 0
MENGKRITIK ATAU MEMUJI BERBAGAI KARYA

Mengkritik atau Memuji Berbagai Karya

(Cikancah-Cyber) – Kritik, adalah merupakan salah satu kenyataan yang harus kita terima untuk mengetahui kelemahan kita. Kritik tidak selalu harus kita tanggapi sebagai hal yang negatif. Justru dengan kritik, kita bisa menemukan kesalahan dan kekurangan yang mungkin tidak kita sadari. Dengan kritik kita bisa memperbaiki kekurangan kita, sehingga kita bisa menghasilkan karya yang lebih baik.

Dalam mengkritik atau Memuji Berbagai Karya Sastra harus menggunakan bahasa yang santun dan lugas.

Bahasa Santun

Bahsa Santun, yaitu bahasa yang memperhatikan etika dalam berkomunikasi, tidak menimbulkan kesan negatif, dan menghargai lawan bicara. Bahasa santun ditandai dengan :

  1. Penggunaan kosakata yang tidak menimbulkan konotasi negatif
  2. Tidak melukai perasaan orang
  3. Tidak menggunakan ungkapan jorok, kasar dan tabu

Semua karya bisa kita jadikan objek kritik, diantaranya lagu, puisi, drama, film, dan sebagainya, tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek yang telah kita bahas di atas.

Bahasa Lugas

Bahasa Lugas, maksudnya adalah mengungkapkan gagasan atau maksud secara eksplisit langsung, ditandai dengan penggunaan kata bermakna denotatif serta logika yang runtut dan jelas.

Menyampaikan Pujian

Bagaimanakah cara menyampaikan pujian itu? Sebagai manusia tentu kita lebih senang menerima pujian daripada menerima kritik. Itu adalah sifat alami manusia yang lebih menyukai sesuatu yang terlihat lebih bagus/mengenakan untuk diterima.

Dalam menyampaikan pujianpun kita harus memperhatikan etika dan kesantunan dalam berbahasa. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menyampaikan pujian, diantarnya :

  1. Menggunakan kata-kata yang baik dan sopan
  2. Memuji disertai dengan alasan yang tepat
  3. Tidak memuji secara berlebihan

Yang harus kita perhatikan adalah dalam menyampaikan kritik maupun pujian kita harus selalu memperhatikan unsur kesantunan dan kesopanan.

Demikian pembahasan singkat tentang Mengkritik Berbagai Karya Sastra dengan Mengunakan Bahasa yang Lugas dan Santun semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya :

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply