Oktoberfest, Keseruan dan Kemeriahan Dua Abad Pesta Rakyat Jerman

Unik & Aneh, Video 0
Oktoberfest: Pesta Rakyat Terbesar di Dunia

Oktoberfest: Pesta Rakyat Terbesar di Dunia

(Cikancah-Cyber) – Sudah sejak lama, tepatnya sejak tahun 1810 Jerman punya tradisi pesta rakyat yang bertepatan dengan datangnya musim gugur. Hajat tahunan ini bertajuk Oktoberfest yang digelar mulai pertengahan September hingga senin pertama di bulan Oktober.

Awalnya pesta rakyat ini dimulai pertengahan September hingga minggu pertama di Bulan Oktober. Namun, sejak moment bersatunya Jerman, maka perayaan pesta rakyat ini diperpanjang sehari. Menjadi, dimulai pertengahan September sampai Senin pertama di Bulan Oktober.

Pesta yang telah berlangsung lebih dari 200 tahun ini berawal dari pernikahan Raja Ludwig dan Putri Therese pada 12 Oktober 1810. Untuk merayakan pernikahan Sang Raja, pihak kerajaan mengelar pesta rakyat untuk berbagi kebahagiaan dengan seluruh rakyatnya, maka digelarlah pesta ini.

Meski sistem pemerintahan telah berubah, masa telah berlalu, bahkan dua abad lamanya, namun pesta rakyat ini masih berlangsung hingga saat ini.

Gelaran akbar ini diselenggarakan di Kota Munich. Menariknya, pengunjung yang datang tak hanya warga Kota Munich saja, tapi juga diserbu wisatawan dari manca negara. Diperkirakan dalam setiap tahunnya pesta akbar ini dihadiri 6 juta pengunjung.

Tak heran jika pesta rakyat yang digelar selama tiga minggu berturut-turut ini mengambil lahan yang sangat luas. Luasnya 40 kali lapangan sepak bola.

Oktoberfest dikonsep seperti pesta rakyat dan pasar malam yang dimeriahkan aneka acara, atraksi, wahana, hiburan, sajian minuman dan makanan khas Jerman.

Meski cuaca mulai sedikit dingin dan sedikit rintik hujan tipikal musim gugur namun tidak menyurutkan pengunjung datang ke acara yang paling dinanti dalam setiap tahunnya ini.

Tua-muda, laki-perempuan tumpah ruah nikmati suasananya. Karena ini pesta rakyat, banyak diantara pengunjung yang menggenakan pakaian tradisional Jerman sehingga terlihat nyentrik. inilah kemeriahannya : Source:rosimeilani.com.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply