8 Tips Belajar yang Efektif dan Efisien

Pendidikan 0
Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Cikancah-Cyber – Banyak ketidaksuksesan yang diterima oleh seseorang, pertama-tama lebih disebabkan karena dirinya tidak yakin dapat meraih kesuksesan. Hal ini berlaku pula untuk pelajar. Ketidak yakinan bisa bermula dari anggapan bahwa dirinya bukanlah tipe pelajar yang pintar. Sebetulnya, tidak ada pelajar yang bodoh, kecuali hanya ada pelajar yang malas dalam belajar.

Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar diperlukan menciptakan suasana yang kondusif dalam belajar, mengembangkan jiwa kompentitif yang sehat, dan menumbuhkan rasa percaya diri atas kemampuan. Bagaimana mencari strategi agar sukses dalam belajar atau cara belajar? Berikut beberapa tips belajar :

Belajar Karena Allah

Sebetulnya belajar merupakan suatu hal yang simple kalau didasari dengan niat yang tulus dan ikhlas. Maka dari sekarang dalam belajar mari kita niatkan mencari ilmu semata-mata hanya karena Allah SWT semata. Dengan demikian maka ilmu dunia akan didapat, dan ilmu akhirat juga dapat kita raih.

Menciptakan Suasana Kondusif dalam Belajar

Betapa pentingnya dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam belajar. Tujuannya untuk merangsang dorongan prestasi belajar adalah perlu diperhitungkan unsur perasaan. Karena unsur perasaan lebih dominan dan melatarbelakangi segala aktivitas seseorang. Dengan kata lain produktif atau tidaknya aktivitas seseorang sangat tergantung pada unsur perasaan yang nyaman dalam melaksanakan aktivitas belajar.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan gembira dan senang hati, tentunya akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Suatu aktivitas yang dilaksanakan karena ada tekanan atau kekecewaan, tentunya akan menghasilkan suatu ketidakpuasan atau mutu yang rendah. Oleh karena itu, suasana gembira harus senantiasa terpelihara agar dapat belajar dengan baik dan memunculkan gagasan-gagasan yang hebat.

Mengembangkan Jiwa Kompetitif dan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri, kemauan atau hasrat harus dibangkitkan, agar senantiasa merasa tertantang untuk selalu melakukan sesuatu yang lebih baik dari yang lain. Sumber energi yang membangkitkan dorongan berprestasi dari dalam diri adalah rasa percaya diri. Oleh karena itu, sangat perlu ditumbuhkan atau dibangkitkan keyakinan terhadap kemampuan diri untuk dapat berbuat atau melakukan sesuatu. Keyakinan dalam hati akan membuat diri berusaha keras dan mencari cara untuk mewujudkan keyakinannya itu.

Hidup itu sesungguhnya merupakan kompetisi, hanya orang-orang yang mampu memanfaatkan peluang secara optimal yang berhasil mendapatkan tempat utama. Hal yang perlu diingat, bahwa setiap orang memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk berkembang mengaktualisasikan diri, dan yang berhasil adalah yang benar-benar menyadari potensi yang dimilikinya dan mampu mengimplementasikan kemampuannya tersebut pada proses kemajuan diri.

Kualitas Belajar

Untuk meningkatkan kualitas belajar maka haruslah fokus, konsentrasi, dan konsistensi. Satu jam belajar dengan fokus dan konsentrasi itu lebih baik daripada 5 jam belajar dengan pikiran bercabang-cabang.

Dan yang tidak kalah penting dalam meraih ilmu, yaitu mengesampingkan ego. Dalam belajar jangan punya pikira kita tahu segalanya. Runtuhkan ego itu semua untuk mempermudah jalan mencari ilmu. Dengan kesombongan itu menandakan kelemahan akal.

Coba dan Gagal

Gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Gunanya kita terjatuh, yaitu agar kita tahu bagaimana caranya untuk bangun. Kita tidak akan pernah tahu yang benar itu bagaimana jika kita tidak kenal dengan kesalahan dulu. Materi yang sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah dalam memahaminya. Coba terus.

Cintailah terus pelajarannya. Misalnya kita tidak bisa dalam pelajaran matematika, namun anda mencoba mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang yang ahli matematika hebat. Karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan sesuatu yang baik. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah itu tiba.

Ada baiknya juga jika belajar diselingi sambil diskusi. Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berkumunikasi dengan orang yang sudah paham. Jangan malu untuk bertanya, sehingga pertukaran ide terus berjalan dan yang pintar semakin cerdas, begitu pula yang belum mengerti tidak terperosok terlalu jauh. Semua bisa menjadi seimbang dan saling membantu dalam memecahkan masalah kegagalan dalam belajar.

Jangan Belajar Ketika Mau Ujian Saja

Kalau hanya belajar ketika mau ujian saja maka itu merupakan suatu kesalahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari sekolah biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem Kebut Semalam sangat merusak cara berpikir, karena hanya akan menimbulkan ketertekanan bukan pengetahuan, yang ada hanya menambah panik saja. Kalau sudah demikian tak jarang akhirnya muncul kecurangan dalam ujian, demi mengejar nilai dalam raport.

Ingatlah tujuan utama kita sekolah atau belajar adalah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya menerima memperoleh nilai yang baik saja. Nilai tidak akan bisa mencerminkan kualitas seseorang, lihatlah kenyataannya. Tidak masalah kita ada di peringkat berapapun, yang terpenting ialah kejujuran dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Jangan Panik Jika Menemui Hambatan dalam Belajar

Untuk mengatasi  hambatan dalam belajar, maka bertemanlah dengan orang-orang yang pantang menyerah dan berjiwa besar dalam mengatasi hambatan dirinya. Belajarlah dari kisah-kisah orang-orang sukses, dan belajarlah dari kegagalan.

Kembali fokus pada tekad dan tujuan. Gaungkan tujuan berulang kali ketika keraguan dan ketakutan menghampiri. Ingatlah bila menyerah maka harus memulai berjuang dari awal, dan itu kondisi yang lebih buruk daripada meneruskan perjuangan. Yakinlah bahwa semua hambatan akan berlalu.

Sabar dan Berdoalah

Salah satu asas mencari ilmu adalah dengan belajar dan bersifat sabar dengan selalu menjaga hati penuh keikhlasan. Dan jangan lupa selalu berdoa, ini sangat penting tapi sering dilupakan. Bukankah Allah itu dekat, lebih dekat daripada urat leher kita. Katakanlah, ceritakanlah, dan berdoalah kepada-Nya. Berdolah karena Allah, maka akan tergapailah segala mimpi-mimpi itu.

Ingatlah, tidak ada sesuatu kesuksesan yang mustahil untuk diraih. Hanya perlu mengatur waktu terbaik untuk belajar dan bertekad untuk meraihnya. Yakinlah jika orang lain bisa kenapa kitau tidak? Yang dibutuhkan sekarang hanyalah kemauan untuk sukses.

Maka belajarlah ketika orang lain sedang bermain, bekerjalah ketika orang lain sedang bermalasan, dan berjalanlah ketika orang lain sedang berdiam diri. Dan ucapkan pada dirimu sendiri selamat datang kesuksesan.

Somoga bisa bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply