Ahok Dinyatakan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Penistaan Agama

Berita, Nasional 0
Ahok Tersangka Kasus Dugaan Penistaan Agama

Ahok Tersangka Kasus Dugaan Penistaan Agama

Cikancah-Cyber – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, oleh Bareskim Polri dinyatakan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Penetapan tersangka Ahok sendiri dilakukan setelah gelar perkara terbuka terbatas yang dilakukan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Selasa (15/11/2016). Penetapan status tersangka terkait pernyataan Ahok tentang surat Al Maidah 51 di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Polri meningkatkan kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Dari hasil gelar perkara, polisi memutuskan untuk melanjutkan penyelidikan kasus Ahok ke tingkat penyidikan. Gelar perkara itu sendiri berdasarkan pendapat dari kepolisian, pelapor, dan terlapor.

Dengan hal tersebut Ahok dinyatakan sebagai tersangka yang berdasarkan pasal 156 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Walaupun terjadi perbedaan pendapat yang sangat tajam diantara para ahli soal ada atau tidaknya unsur niat untuk menista agama. Perbedaan pendapat juga terjadi dalam tim penyelidik yang berjumlah 27 orang di bawah pimpinan Brigjen Agus Andrianto sebagai direktur pidana umum.‎

Setelah dilakukan diskusi oleh tim penyelidik maka dicapai suatu kesepakatan, meski tidak bulat, namun didominasi pendapat bahwa perkara harus diselesaikan di peradilan terbuka.‎

Menyikapi hal tersebut pihak Ahok yang  diwakili Politikus Senior PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari,  dalam komprensi pers menyatakan bahwa pihaknya menerima dan menghormati keputusan Kepolisian yang menetapkan Gubernur Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sebagai tersangka pelanggaran UU ITE.

Menurutnya sebagai warga negara yang menghormati hukum, PDIP menghormati keputusan Polri. Walau secara subyektif, PDIP menilai sebenarnya Ahok tak salah, dan lagi pula sudah melakukan permintaaan maaf. Walaupun merupakan suatu hal yang dirasa pahit.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply