Apa Sebenarnya Makar Itu?

Bahasa 0
Makna Kata "Makar"

Makna Kata “Makar”

Cikancah-Cyber – Istilah makar mencuat kembali saat-saat ini. Hal tersebut karena akan adanya demo lagi pada tanggal 25 November dan 2 Desember 2016 nanti, Kapolri mengendus dan mencium akan adanya makar.

Kapolri mengindikasikan dalam aksi tersebut ada sekelompok massa yang ingin menguasai DPR dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apa sebenarnya makar tersebut? Makar menurut KBBI online bermakna : Pertama : Akal busuk, tipu muslihat. Kedua : Perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang.

Dari kedua pengertian itu, pengertian yang kedua cenderung berkaitan dengan akan adanya aksi 25 November dan 2 Desember 2016. Yaitu perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang atau menjatuhkan. Dalam hal ini menjatuhkan pemerintahan yang sah.

Sedangkan makar menurut KUHP Pasal 107 berbunyi :

(1) Makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

(2) Para pemimpin dan pengatur makar tersebut dalam ayat 1, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.

Pasal yang berhubungan dengan makar diatur dalam KUHP mulai dari pasal 104 sampai dengan 129.

Makar dan Kudeta merupakan dua istilah yang digunakan saling bergantian. Namun secara umum, kudeta lebih merujuk pada istilah politik.

Tindak pidana makar termasuk ke dalam rumpun kejahatan terhadap keamanan Negara. Secara teoritis, makar yang dikenal oleh umum adalah makar yang ditujukan ke dalam negeri yang dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu makar terhadap keselamatan Presiden dan Wakil Presiden, terhadap wilayah Negara, dan terhadap pemerintahan.

Jadi dengan demikian makar dapat diartikan sebagai tindakan penggantian pemerintah dengan cara yang tidak sah dan tidak berdasarkan saluran yang  di dalam Undang-Undang.

Tags:
Rate this article!
Apa Sebenarnya Makar Itu?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply