Google Doodle Hari Ini: Suryadi Pencipta Boneka Si Unyil

Entertainment 0
Suyadi, Pencipta Boneka Si Unyil

Suyadi, Pencipta Boneka Si Unyil

Cikancah-Cyber – Siapapun pasti mengenal nama Si Unyil. Drs. Suryadilah yang menciptakan Si Unyil sebuah film seri televisi Indonesia. Si Unyil merupakan satu acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Acara ini ditayangkan di stasiun nasional Indonesia TVRI setiap hari Minggu dari tahun 1981 – 1993.

Kemudia Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil.

Drs. Suryadi adalah Tokoh Pak Raden  dalam acara Si Unyil. Sehingga Suryadi lebih dikenal dengan nama Pak Raden yang memiliki cirri khas kumisnya dan selalu membawa tongkat.

Drs. Suryadi lahir di Puger  Jember Jawa Timur, 28 November 1932 dan  meninggal di Jakarta, 30 Oktober 2015 di Rumah Sakit Pelni Petamburan pada pukul 22.20 WIB pada umur 82 tahun.

Suyadi merupakan lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung 1952-1960 lalu meneruskan belajar animasi ke Perancis 1961-1963. Suyadi juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar.

Pemerintah memilih tanggal lahir Drs. Suyadi alias Pak Raden dalam tokoh Si Unyil itu, menjadi Hari Dongeng Nasional. Apa alasannya?

Menjadikan hari kelahirannya sebagai Hari Dongeng Nasional karena legasi, keteladanan, dan pesan-pesannya akan terus dikenang setiap tahunnya. Maka dari itu hari kelahiran Pak Raden, sebagai Hari Dongeng Nasional.

Semasa hidupnya Pak Raden adalah sosok multitalenta, yang tak hanya pintar mendongeng, namun juga melukis. Kekuatan terbesarnya adalah rasa cintanya yang tak hingga pada anak-anak.

Tidak ada satupun pendongeng modern Indonesia yang tidak mengidolakan dan meneladani Pak Raden. Karena itu, masyarakat Indonesia merasa sangat kehilangan ketika mendengar kabar berpulangnya Pak Raden.

Terima kasih Pak Raden atas semua jasamu.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply