Kabar Gembira!Pencairan Tunjangan Profesi Guru Triwulan Keempat Dipercepat

Berita 0
Pencairan TPG Triwulan Keempat 216 Dipercepat

Pencairan TPG Triwulan Keempat 216 Dipercepat

Cikancah-Cyber – Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk triwulan keempat pencairannya akan dipercepat. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurutnya mulai Senin (14/11) Kemendikbud mencairkan TPG untuk guru-guru non-PNS. Sementara itu, alokasi TPG untuk guru PNS menjadi urusan pemerintah daerah.

Sumarna Surapranata yang merupakan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud mengatakan, Kemendikbud memang sengaja mempercepat pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Kemendikbud bisa saja membayar TPG pada Desember nanti. Sebab, pembayaran triwulan keempat itu diperuntukkan periode Oktober-Desember.

TPG untuk guru-guru non-PNS yang berada di Kemendikbud. Tahun ini anggarannya Rp 6 triliun. Rencanya anggaran itu dicairkan dalam empat gelombang, masing-masing sekitar Rp 1,5 triliun.

Kemendikbud sengaja mempercepat pencairan TPG triwulan keempat. Alasannya bisa menjadi percontohan bagi pemerintah kabupaten dan kota. Dia berharap pemda secepatnya memproses pencairan TPG triwulan keempat untuk seluruh PNS yang berhak menerima.

Pemerintah telah menetapkan batas waktu pencairan TPG bagi guru PNS. Yakni, sampai 16 Desember nanti. Kemendikbud berharap aturan tersebut ditepati pemerintah daerah.

Dengan hal tersebut Pemerintah Daerah berharap mencontoh apa yang dilakukan oleh Kemendikbud. Namun dalam kenyataannya Pemda sering terlambat memberikan TPG dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya Pemba meminjam dahulu dana tunjangan tersebut untuk keperluan yang lain.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemendikbud. Walau tidak bisa menutup mata bahwa birokrasi pemda untuk pencairan TPG itu lelet dan cenderung bandel. “Karena pemda tidak dapat apa-apa dari TPG,” ungkap Retno.

Namun kita berharap pencairan tunjangan tersebut harus sesuai dengan apa yang telah dianjurkan oleh Kemendikbud. Contohlah apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Purbalingga yang sudah mulai melakukan pencairan TPG triwulan keempat. Semoga saja.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply