Mendeskripsikan Fungsi Latar Dalam Pementasan Drama

Sastra 0
Fungsi Latar Dalam Pementasan Drama

Fungsi Latar Dalam Pementasan Drama

Cikancah-Cyber – Ada beberapa unsur yang terdapat dalam drama, salah satunya adalah latar. Latar dalam drama merupakan sesuatu yang melatari terjadinya peristiwa dalam cerita.

Latar atau setting dalam pementasan drama meliputi, (1) waktu terjadinya peristiwa, (2) tempat berlangsungnya kejadian-kejadian, dan (3) suasana yang menggambarkan atau melkusikan peristiwa itu terjadi.

Latar dalam pementasan drama didukung oleh tata panggung, tata lampu, tata musik, dan tata suara. Penataan panggung berfungsi menggambarkan tempat terjadinya peristiwa.

Penataan cahaya atau penataan lampu dapat menggambarkan waktu dan suasana terjadinya cerita. Misalnya panggung ditata dengan latar belakang rumah berdinding bambu dan perabotan yang sederhana menggambarkan tempat terjadinya cerita adalah di rumah rakyat jelata atau rakyat miskin.

Lampu yang semula terang benderang berubah menjadi redup menggambarkan waktu siang berganti malam, atau dapat pula menggambarkan suasana senang berubah menjadi suasana sedih.

Tata suara dan tata musik juga berfungsi menggambarkan suasana yang terjadi baik suasana secara fisik mapun batin.

Latar dalam drama berfungsi membuat cerita menjadi realistis dan logis. Penciptaan latar yang baik akan menggambarkan secara jelas di mana peristiwa terjadi, kapan berlangsung cerita, serta bagaimana suasana dalam cerita baik suasana lahir maupun suasana batin tokohnya. Latar yang baik dapat menjadikan pementasan lebih menarik dan lebih hidup sehingga pementasan dapat benar-benar dinikmati oleh penonton.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply