Mendikbud: Guru Jangan Lagi Membebani Siswa dengan LKS

Pendidikan 0
Mendikbud

Mendikbud Muhadjir Effendy

Cikancah-Cyber – Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), fungsi utama dari seorang guru sebelum melakukan pembelajaran adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pendidikan. Dengan masih adanya Lembar Kerja Siswa (LKS), maka fungsi utama guru tidak berjalan dengan optimal.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membuka Rapat Evaluasi Implementasi Pendampingan Kurikulum 2013 untuk Tahun 2016 di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jatim, di Surabaya, Senin (21/11).

Menurut dia, guru tidak boleh lagi membebani siswa untuk mengerjakan LKS. Guru tidak boleh hanya pasrah pada LKS sehingga fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi malah dilakukan oleh LKS dan bukan dari perencanaan matang oleh guru.

Terlepas dari itu Mendikbud merasa efektifitas LKS pada siswa juga tidak terukur. Tidak jarang pekerjaan rumah yang diberikan guru melalui LKS justru tidak dikerjakan sendiri.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan, untuk itu para guru tidak memberatkan siswa dengan LKS, selama ini anak didik ketika membawa LKS ke rumah sebagai pekerjaan rumah, tidak sedikit yang dikerjakan oleh orang tua atau anggota keluarga yang lainnya. Sehingga tidak cukup efektif.

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply