Sistematika Karya Tulis

Bahasa 0
Kerangka Karya Tulis Sederhana

Kerangka Karya Tulis Sederhana

Cikancah-Cyber – Sebelum membuat sebuah karya tulis, kita harus mengetahui terlebih dahulu sitematika karya tulis tersebut. Dengan mengetahui sistematika karya tulis itu akan menghasilkan sebuah karya yang maksimal.

Gambaran umum secara sederhana kerangka karya tulis adalah sebagai berikut :

Bagian Pembuka

a. Halaman Judul

b. Lembar Pengesahan

c. Motto dan Lembar Persembahan

d. Kata Pengantar

e. Daftar Isi

f. Daftar Lampiran

g. Abstrak

Bagian Isi

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pada bagian ini mengulas yang melatarbelakangi penelitian atau pembuatan karya tulis atau makalah. Uraikan hal ini secara logis sehingga pembaca bisa memahami mengapa masalah ini diangkat menjadi karya tulis.

1.2 Permasalahan

Dalam permasalahan ini mengulas tentang masalah-masalah yang akan dibahas dalam karya tulis. Sebaiknya permasalahan ini dibatasi pada hal-hal yang penting saja, jangan terlalu meluas , dan carilah permasalahan yang mampu kita bahas.

1.3 Tujuan Penelitian

Dalam bagian ini yaitu mengemukakan tujuan yang hendak dicapai dalam pembuatan karya tulis tersebut.

1.4. Metode Penelitian

Tentukanlah metode penelitian yang tepat untuk penelitian ini. Pengumpulan data atau informasi itu bisa kita lakukan dengan berbagai cara seperti wawancara, observasi atau pengamatan, membaca buku referensi atau studi pustaka, dan penyebaran angket.

1.5 Kegunaan Penelitian

Menguraikan dengan singkat dan jelas tentang kegunaan penelitian tersebut.

1.6 Sistematika Penelitian

Pada bagian ini menguraikan langkah-langkah penelitian yang dilakukan.

BAB II PEMBAHASAN/ISI

Pada bagian ini membahas tentang permasalahan yang telah ditentukan terlebih dahulu pada BAB I yaitu bagian 1.2 pembahasan. Di sini diuraikan secara rinci tentang permasalahan yang diangkat dalam karya tulis ini.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kesimpulan adalah inti sari dari berbagai ulasan yang sebelumnya telah di buat, kesimpulan ini merupakan hasil akhir dari kajian pada suatu karya tulis. Kesimpulan adalah suatu kalimat yang disampaikan yang diambil dari beberapa ide pemikiran dengan aturan-aturan yang berlaku.

Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan atau pembahasan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan. Dalam hal ini kesimpulan merupakan hasil jawaban dari rumusan masalah yang sebelumnya telah ditetapkan dalam sebuah makalah atau karya tulis.

3.2 Saran

Membuat saran dalam makalah tentunya kita harus memahami bagaimana sebuah makalah tersusun menurut sistematika penulisan makalah yang baik dan benar. Saran itu berupa komentar, sanggahan yang bersifat menyarankan baik kepada pemerintah, instansi dll tergantung dengan varibel yang ada dalam karya tulis.

DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian ini mencantumkan sumber-sumber referensi yang digunakan pada pembuatan karya tulis tersebut. Referensi yang digunakan harus dicantumkan semua sebagai bahan rujukan. Daftar pustaka merupakan list daftar sumber pustaka yang menjadi referensi dalam pembuatan karya tulis tersebut.

Keberadaan daftar pustaka ini sangat penting untuk membuktikan beberapa teori yang dikemukakan dalam pembahasan sebuah karya tulis maupun sebagai antisipasi tuduhan plagiat kekayaan intelektual.

Baca Juga : Cara Menulis Daftar Pustaka

Demikian pembahasan singkat tentang sistematika karya tulis yang sederhana, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

 

Tags:
Rate this article!
Sistematika Karya Tulis,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply