UU ITE Perubahan Mulai Berlaku Hari Ini

Teknologi 0
Revisi UU ITE Mulai Berlaku

Revisi UU ITE Mulai Berlaku Foto: Menkominfo

Cikancah-Cyber – Hari ini, Senin 28/11/2016 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang baru saja direvisi sudah mulai berlaku. Tidak ada perubahan yang terlalu signifikan dalam UU ITE tersebut.

Dalam UU ITE itu dijelaskan bahwa masyarakat dilarang membuat dan menyebarkan informasi yang bersifat tuduhan, fitnah, maupun SARA yang mengundang kebencian atau keresahan.

Seluruh konten informasi elektronik masih bisa dijadikan delik dalam UU tersebut. Perbedaannya, bila dahulu adalah delik umum, maka kini menjadi delik aduan.

Adapun hal-hal yang dilarang yaitu: (1) Konten melanggar kesusilaan, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara, (2) Konten perjudian, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara, (3) Konten yang memuat penghinaan dan atau pencemaran nama baik. Bila dulu diancam maksimal 6 tahun penjara, kini menjadi 4 tahun penjara, (4) Konten pemerasan atau pengancaman, ancaman tetap yaitu maksimal 4 tahun penjara. (5) Konten yang merugikan konsumen, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara, dan (6) Konten yang menyebabkan permusuhan isu SARA, ancaman tetap yaitu maksimal 6 tahun penjara.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply