Apa Makna Kata Acuh dan Tayang?

Bahasa 0
Makna Kata Acuh dan Tayang

Makna Kata Acuh dan Tayang

Cikancah-Cyber – Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia kata acuh berarti peduli, mengindahkan. Kata acuh sering muncul dalam bentuk tidak acuh, acuh tak acuh, dan tidak mengacuhkan.

Dalam percakapan tidak resmi, pemakaian kata acuh dengan nada tertentu seringkali justru sama maknanya dengan tidak acuh. Demikian kata peduli dan tahu, jika diucapkan dengan intonasi tertentu, maknanya sama dengan tidak peduli dan tidak tahu.

Dalam bahasa tulis pemakaian seperti itu hendaklah dihindari, apalagi jika diingat bahwa tanda-tanda yang melambangkan intonasi yang dimaksud tidak tersedia

Contoh :

  1. Dion diperingatkan oleh gurunya agar tidak berisik. Dia mengacuhkan saja peringatan itu dan terus bercakap dengan temannya. (Salah)
  2. Di tikungan itu sering terjadi kecelakaan. Hal itu seharusnya dapat dihindari jika para pengemudi mau mengacuhkan rambu yang ada. (Benar)

Kata lain yang menjadi sinonim mengacuhkan adalah menghiraukan, memperhatikan, memedulikan, dan mengindahkan.

Kita sering mendengar kata tayang, menayangkan. Sebetulnya kata itu bukanlah kata yang baru sebab sudah lama tercatat dan Kamus Umum Bahasa Indonesia. Menayangkan artinya (1) mempersembahkan (dalam arti mempertunjukkan film dan sebagainya), (2) membawa sesuatu di telapak tangan.

Dalam bahasa daerah pun ada kata tayang (Bahasa Alas di Aceh) dengan arti melemparkan benda dengan sekuat-kuatnya sehingga benda itu melayang-layang. Jelas adanya perkaitan arti.

Dengan adanya kata itu, di samping memutar film, menyajikan film, mempersembahkan film, kita juga dapat mengatakan menayangkan film. Keuntungan lain, kita dapat mengatakan menayangkan salindia (slide) dan ini lebih tepat daripada memutar salindia.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply