Beberapa Contoh Penumbuhan Budi Pekerti

Pendidikan 0
Beberapa Contoh Penumbuhan Budi Pekerti

Beberapa Contoh Penumbuhan Budi Pekerti

Cikancah-Cyber – Ada beberapa contoh penumbuhan budi pekerti, yaitu :

1. Membiasakan menjalankan perintah agama

Kehidupan di dunia ini bersifat hanya sementara sebagai tempat singgah menuju kehidupan abadi di akhirat kemudian. Dengan demikian nilai-nilai agama terbukti merupakan penangkal yang kuat terhadap berbagai pengaruh negatif.

Nilai agama merupakan nilai yang paling utama dalam penumbuhan budi pekerti dan bersifat universal. Ada pepatah yang mengatakan bahwa ilmu tanpa agama lumpuh dan agama tanpa ilmu buta.

2. Berpamitan ketika mau pergi

Berpamitan ketika akan bepergian merupakan budaya baik yang perlu dilestarikan. Ada beberapa manfaat berpamitan sebelum bepergian, yaitu (a) Orang yang ditinggalkan akan merasa dihormati, (b) Orang yang bepergian akan memperoleh doa dan restu, (c) Mempererat hubungan emosional di antara anggota keluarga, dan (d) Memperbaiki hubungan keluarga secara keseluruhan.

3. Membiasakan anak mandiri dan bertanggung jawab

Kebiasaan ini akan menyiapkan anak untuk siap menjadi orang tua kelak di kemudian hari. Kebiasaan ini juga akan mencegah anak memunggungi atau mengabaikan lingkungan tempat tinggal mereka.

4. Senyum, sapa, salam (3S)

Budaya senyum, salam, sapa sudah sering kita dengar dari guru-guru kita semasa berada di sekolah, karena senyum, salam, sapa (3S) merupakan salah satu dasar nilai moral yang harus ditanamkan sejak dini untuk membentuk manusia-manusia berkualitas dan berakhlak baik. Hal ini ditanamkan dengan harapan akan menjadi kebiasaan bagi kita hingga dewasa, dan kembali ditanamkan ke anak cucu kita kelak untuk penumbuhan budi pekerti.

Budaya 3S memiliki efek luar biasa bagi orang yang melakukannya. Ketika kita bertemu dengan orang lain melakukan senyum atau menyapa atau mengucapkan salam atau malah melakukan ketiga-tiganya sekaligus, secara tidak sadar hal tersebut mampu memberikan kedamaian di hati kedua-duanya. Ketika orang sedang mempunyai masalah dan hatinya panas kemudian mendapat senyuman dari orang lain, hatinya akan terasa dingin ibarat bara api yang terkena air.

5. Membiasakan anak berprilaku sopan dan santun

Pada umumnya, sikap sopan dan santun ditujukan agar individu atau anak dapat diterima di masyarakat dan berperilaku sesuai dengan norma sosial. Perwujudan dari sikap sopan santun ini adalah perilaku yang menghormati orang lain melalui komunikasi menggunakan bahasa yang tidak meremehkan atau merendahkan orang lain.

Sikap sopan ditandai dengan perilaku anak menghormati kepada orang yang lebih tua, menggunakan bahasa yang sopan, tidak memiliki sifat yang sombong. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.

6. Membantu pekerjaan orang tua

Meringakan dan membantu pekerjaan orang tua merupakan hal yang sangat mulia. Pekerjaan orang tua terbilang berat dan sangat banyak, mulai dari rumah dan sebagainya.

Contohnya membantu mengerjakan pekerjaan rumah dengan menyapu halaman, mengepel serta mencuci perabotan. Dalam hal ini orang tua akan merasa sangat terbantu. Hal tersebut membuat orang tua bahagia karena memiliki anak yang bertanggung jawab dan suka menolong.

7. Meminta maaf ketika salah

Terkadang orang merasa sangat enggan untuk mengucapkan permintaan maaf. Entah karena gengsi, takut tidak diterima, atau karena berpikir bukan salah dia.

Meminta maaf membantu anak belajar untuk berjiwa besar dan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang telah dilakukannya. Dengan meminta maaf dapat membantu anak untuk mengenali dirinya, menjalin hubungan baik antara anak dan temannya dan memberikan pengajaran untuk empati dan bertanggung jawab pada tindakannya.

8. Menolong teman atau orang lain yang memerlukan

Menolong orang lain sama halnya dengan menolong diri sendiri, banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya investasi yang paling berharga adalah kebiasaan menolong orang lain. Dengan menolong orang lain suatu waktu nanti akan memerlukan bantuan dari orang lain.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply