Cara Memperkenalkan Tokoh Cerita dan Perwatakannya

Sastra 0
Cara Memperkenalkan Tokoh Cerita dan Perwatakannya

Cara Memperkenalkan Tokoh Cerita dan Perwatakannya

Cikancah-Cyber – Seringkali kita mendengar istilah tokoh dan penokohan, watak dan perwatakan, atau karakter dan karakterisasi dalam pembicaraan sebuah karya fiksi.

Penokohan berarti suatu metode melukiskan watak para tokoh yang terdapat dalam karya fiksi. Dalam hal itu ada beberapa cara dalam memperkenalkan tokoh, yaitu :

Analitik atau Ekspositoris

Analitik yaitu pengarang langsung memaparkan tentang watak atau karakter tokoh, pengarang menyebutkan deskripsi, uraian, atau penjelasan bahwa tokoh tersebut keras hati, keras kepala, penyayang dan sebagainya.

Dramatik

Dramatik yaitu pengarang memaparkan watak atau karakter tokoh dengan tidak diceritakan langsung atau pengarang tidak mendeskripsikan secara eksplisit sifat dan sikap serta tingkah laku tokoh. Sifatnya lebih sesuai dengan sisi kehidupan nyata. Dramatik bisa disampaikan melalui cara berikut ini :

  1. Pilihan nama tokoh (misalnya nama Sarinem untuk pembantu; Mince untuk gadis yang agak genit; Bonar untuk nama tokoh garang dan gesit).
  2. Melalui penggambaran fisik atau postur tubuh, cara berpakaian, tingkah laku terhadap tokoh-tokoh lain, tinggi, pendek, gemuk, kurus dan lingkungannya.
  3. Melalui dialog. Watak tokoh dan cara berpikirnya dapat diamati melalui ucapannya.
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply