Gejala Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

Kesehatan 0
Gejala Dan Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit

Gejala Dan Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit

Cikancah-Cyber – Urtikaria dingin adalah istilah medis untuk alergi dingin. Disebut urtikaria dingin adalah reaksi kulit pada dingin yang menyebabkan munculnya bilur yang terasa gatal dan kulit menjadi berwarna kemerahan. Tingkat keparahan gejala alergi dingin pada setiap orang muncul secara berbeda-beda.

Penderita alergi dingin lebih sulit untuk dihindari karena gejalanya tidak hanya disebabkan oleh cuaca dingin saja, tapi bisa juga karena berenang di air dingin, berada di ruang AC, hingga mengonsumsi minuman dingin.

Secara umum, penderita alergi dingin memiliki gejala yang sama seperti alergi lainnya. Inilah gejala-gejala alergi dingin seperti dilansir dari sindonews.com, yang perlu diketahui :

Tangan Bengkak

Tak hanya disebabkan oleh cuaca di luar ruangan, pembengkakan juga bisa terjadi setelah memegang minuman dingin. Pembengkakan seringkali terjadi di tangan atau bisa juga muncul di tempat-tempat lain. Bahayanya, pembengkakan juga bisa terjadi di tenggorokan yang memicu kematian.

Kulit Merah

Selain terjadi pembengkakan gejala lain penderita alergi dingin akan mengalami kulit merah tua. Sayangnya, kemerahan tidak akan hilang begitu saja, saat penderita alergi sudah berada di tempat yang hangat.

Gatal

Gatal-gatal menjadi salah satu tanda umum dari paparan alergen, termasuk alergi dingin. Untuk menguji urtikaria dingin, umumnya dokter akan menempelkan es batu langsung ke kulit untuk melihat apakah ada tanda kemerahan, gatal-gatal, atau bengkak.

Pusing

Pada penderita alergi dingin yang sudah parah akan merasakan pusing setelah terpapar atau terkena dingin. Pusing karena alergi dingin bisa berakibat fatal. Apalagi jika penderita sering mengalami pusing saat berenang atau berjalan, ini akan menyebabkan bahaya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply