Kalah Penguasaan Bola Indonesia Beruntung Masuk Final Piala AFF 2016

Olahraga 0
timnas

Kegembiraan Para Pemain Indonesia Setelah Sukses Masuk Babak Final Piala AFF 2016/doc. : AFF Suzuki Cup/Twitter

Cikancah-Cyber – Pertandingan leg kedua semi final Piala AFF 2016 dimainkan di stadion My Dinh Vietnam pada hari Rabu, 7 Desember 2016.

Vietnam yang pada leg pertama mengalami kekalahan saat bertanding di Indonesia tampil ngotot dari awal dan sukses mendominasi jalannya pertandingan dengan melakukan variasi serangan dengan memanfaatkan kecepatan para pemainnya.

Indonesia sempat dikurung dan kalah jauh dalam penguasaan bola dibanding tuan rumah Vietnam. Dengan kedisiplinan Boaz dan kawan-kawan rupanya efektif dalam meredam setiap serangan lawan yang terus mencoba membobol gawang timnas Indonesia guna mengejar defisit gol.

Gol yang ditunggu-tunggu publik sepakbola Vietnam maupun Indonesia rupanya tidak tercipta sampai babak pertama usai, hasil imbang akhirnya menutup laga babak pertama antara Vietnam versus Indonesia.

Indonesia yang terus mendapat tekanan dari tuan rumah justru mampu membalikan keadaan dengan lahirnya gol pertama pada menit 54′ yang berhasil dicetak oleh Stefano Lilipaly hasil dari umpan yang diberikan Boaz Salossa.

Kiper Vietnam Dikartu Merah Wasit

Pada menit 76′ setelah terjadi tendangan sudut wasit asal China yang memimpin pertandingan memberikan hukuman terhadap kiper andalan Vietnam (Tran Nguyen Manh) setelah terjadi kemelut didepan gawang dan melibatkan pemain Indonesia dengan adanya gerakan menendang terhadap Bayu Pradana.

Bermain dengan 10 pemain rupanya tidak menurunkan tempo serangan Vietnam untuk terus mengejar ketinggalan dari Indonesia dan terbukti pada menit 82′ Vu Van Tanh berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pengaruh gol tersebut rupanya mampu menyulut semangat para pemain lainnya dan memasuki menit-menit akhir babak kedua usai lagi-lagi Vietnam mampu menciptakan gol dan mengakibatkan kedudukan berbalik unggul 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Dengan hasil tersebut terpaksa dilakukan babak tambahan karena Agregat gol sama kuat 3-3 dan untuk menentukan siapa yang lolos ke babak final lagapun dilanjutkan dengan babak tambahan. Dewi fortuna rupanya tengah berpihak kepada Indonesia pada menit 97′ akhirnya gol tercipta akibat sebelumnya terjadi pelanggaran dikotak penalti terhadap Ferdinand Sinaga dan kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Manahati Lestusen yang berhasil mengemban tugas sebagai algojo dalam mengeksekusi tendangan penalti, hasil berubah menjadi 2-2.

Vietnam yang terus bersemangat untuk bisa lolos ke partai final akhirnya harus puas dengan hasil imbang 2-2 dan memastikan Indonesia melaju ke Babak Final Piala AFF 2016 dengan Agregat 3-4 sehingga tinggal menunggu lawan dari pertandingan antara Thailand vs Myanmar.

Pertandingan final sendiri akan digelar dua kali. Final leg pertama akan digelar pada 14 Desember dan leg kedua pada 17 Desember 2016.

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia :

Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong 74′); Nguyen Van Toan (Vu Van Toan 57′), Vu Minh Tuan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong 69′)
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar 88′), Rizky Pora, Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun 85′); Boaz Solossa (Ferdinand Sinaga 72′)
Pelatih: Alfred Riedl

Tags:

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply