Moratorium Ujian Nasional Tidak Disetujui

Pendidikan 0
Wapres JK: Usulan Moratorium Ujian Nasional Tidak Disetujui

Wapres JK: Usulan Moratorium Ujian Nasional Tidak Disetujui

Cikancah-Cyber – Moratorium Ujian Nasional (UN) yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ditolak atau tidak disetujui oleh pemerintah. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla setelah selesai Rapat Terbatas (Ratas).

Wakil Presiden mengatakan, bahwa usulan moratorium itu tidak disetujui tapi diminta kaji ulang. Penolakan tersebut dengan alasan Ujian Nasional (UN) masih dibutuhkan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan termasuk pemerataan pendidikan.

“Tanpa Ujian Nasional bagaimana bisa mendorong pendidikan dan apa acuanya antardaerah,” kata Wakil Presiden. UN perlu dievaluasi sebagai pembanding dengan negara lain, karena hampir semua negara di Asia menerapkan sistem Ujian Nasional.

“Jadi usulan tadi tidak diterima tetapi disuruh kaji dan secara perbandingan lebih dalam lagi untuk memperbaiki mutu,” ujarnya Wapres.

Dalam ratas itu JK menekankan dan menginstruksikan agar mekanisme pelaksanaan UN dievaluasi sehingga lebih efektif dalam menunjang mutu pendidikan di Tanah Air. Untuk itu, JK mengungkapkan akan digelar ratas lanjutan guna membicarakan cara efektif dari penyelenggaraan dan manfaat UN.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply