Apa Modus Optatif Itu?

Bahasa 0
Jenis-jenis Modus

Jenis-jenis Modus

Cikancah-Cyber – Modus dapat digunakan dalam berbagai bidang ilmu,dengan definisi yang berbeda. Secara umum modus adalah cara. Modus dalam Bahasa Indonesia adalah bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran si pembicara atau sikap si pembicara tentang apa yang diucapkanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sekurangnya ada tujuh jenis modus, yaitu modus optatif, modus desideratif, modus imperatif, modus introgatif, modus indikatif, modus operandi, dan modus vivendi.

Modus Optatif adalah modus yang berupa kata-kata yang ada hubungannya dengan penyusunan kalimat yang menyatakan harapan atau keinginan. Harapan atau keinginan yang kemungkinanannya subjektif. Dalam modus ini mengekpresikan suatu keinginan atau harapan agar suatu tindakan tercapai walaupun kepastiannya diragukan. Seperti kiranya, semoga.

Modus ini juga dapat digunakan untuk menyatakan keadaan yang lebih tak tentu. Contoh dalam kalimatnya adalah :

Kiranya jangan terjadi! Sekali-kali tidak!

Semoga peristiwa itu membuat dirinya sadar.

Modus optatif bisa dipakai untuk menyatakan suatu keinginan,permohonan, misalnya ‘Kiranya hal itu tidak terjadi’. Dan juga dapat dipakai dalam pertanyaan tidak langsung, ‘Siapa kiranya di antara mereka yang akan berbuat demikian’.

Tags:
Rate this article!
Apa Modus Optatif Itu?,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply