Pesona Candi Ijo Di Desa Groyokan, Sambirejo – Sleman

Berita, Tempat 0

Kawasan Candi Ijo, Desa Groyokan Kel. Sambirejo – Sleman

Cikancah-Cyber – Kawasan wisata khususnya daerah Yogyakarta memang tidak terlepas dengan peninggalan candi-candi yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dari nilai sejarah, bentuk atau letaknya yang sangat strategis seperti berada di puncak ketinggian tertentu. Seperti Candi Ijo yang berada di desa Groyokan Kelurahan Sambirejo, Kec. Prambanan Kab. Sleman dengan berada pada ketinggian 375 dpl.

Sejarah Singkat Candi Ijo

Penyebutan candi “Ijo” sendiri berarti Hijau dan diperakenalkan pada prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Dalam prasasti tersebut disebutkan ada seorang peserta upacara dari daerah Wuang Hijau ” anak wanua i wuang hijo”.

Candi Ijo sendiri sebelumnya menurut sejarah ditemukan oleh seorang bernama H.E Doorepal pada tahun 1886 dimana waktu itu dia sedang  mencari tempat untuk lahan penanaman Tebu. Pemerintah Indonesia lewat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan Candi Ijo sebagai Kawasan Cagar Budaya dengan Surat Keputusan Nomor : 157/M/1998.

Pemugaran

Candi Ijo sendiri telah mengalami beberapa kali pemugaran seperti yang dilakukan pada tahun 1980 dimana dilakukan pemugaran pada candi induk dan berlanjut pada tahun 2000 hingga 2003 dilakukan pemugaran pada 3 candri perwara. Pada tahun 2005 juga dilakukan pemugaran pada halaman  teras XI disisi sebelah timur hingga sisi selatan pada tahun 2006.

Pada bulan Maret hingga Agustus 2008 juga dilakukan pemugaran pada sisi Selatan dan Barat. Pemerintah pun terus melakukan pemugaran kawasan candi Ijo pada tahun 2009 hingga 2013 baik teras maupun talud candi.

Menjadi Obyek Wisata Baru

Candi Ijo kini telah menjelma menjadi sebuah obyek wisata baru di daerah Sleman selain Prambanan dan dengan letaknya berada di dataran tinggi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Candi Ijo juga disuguhkan pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Tiket Masuk Sangat Bersahabat

Untuk harga tiket masuk sendiri dikenakan biaya yang cukup murah yakni Rp. 5000,- (lokal) dan Rp. 10.000,- (Asing) bisa disebut juga kawasan candi Ijo memang sangat cocok bagi anda yang mungkin dengan kondisi kantong tidak terlalu tebal.

Loket Pembelian Tiket Masuk Ke Kawasan Candi Ijo

 

Berikut Beberapa Gambar Candi Ijo

Papan Informasi Memudahkan Bagi Pengunjung Candi Ijo

Terdapat Beberapa Spot Untuk Foto-foto

Candi Utama

Di Bawah Candi Utama Masih Dilakukan Pemugaran

Anak Tangga Menuju Keluar Kawasan Candi

Area Parkir Dengan Latar Belakang Pemandangan Asri Nan Hijau

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply