Rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil 2017

Nasional 0

 

 

Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Cikancah-Cyber – Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah ditandatangani Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam PP itu menyebutkan PNS yang terkena rasionalisasi atau perampingan di instansi pemerintah, pada tahap awal akan terlebih dahulu disalurkan ke instansi pemerintah lainnya.

Namun, jika PNS yang terkena rasionalisasi tersebut tidak bisa disalurkan, maka PNS yang bersangkutan dapat diberhentikan dengan hormat atau dikenakan masa tunggu. Masa tunggunya selama lima tahun. Hal itu tergantung pada usia PNS dan berapa lama masa kerja yang telah dijalani selama itu.

Hal baru dari PP Nomor 11 Tahun 2017 ini adalah PNS diberi uang tunggu selama masa tunggu untuk disalurkan kembali ke instansi pemerintah lainnya. Jika dalam lima tahun masih tetap belum bisa disalurkan kembali, maka PNS tersebut akan diberhentikan dengan hormat.

Pengurangan PNS bisa dilakukan dengan cara dan mekanisme lain. Artinya tidak hanya melalui rasionalisasi saja. Di antaranya dengan pemberhentian PNS atas permintaan sendiri atau telah mencapai batas usia pensiun.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 ini juga menjelaskan tentang permintaan pemberhentian yang dapat ditunda maksimal satu tahun. Penundaan itu dilakukan apabila yang bersangkutan masih diperlukan untuk keperluan dinas.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply