Apa Sebenarnya Ransomware itu?

Teknologi 0
Virus Ransomware

Virus Ransomware

Cikancah-Cyber – Saat ini para pengguna internet agar selalu waspada. Sudah banyak korban akibat Ransomware yang merupakan malware yang sangat berbahaya. Hampir 99 negara terserang Ransomware WannaCry.

Ransomware merupakan jenis malware yang bertujuan meminta tebusan kepada korbannya. Sesuai dengan namanya ransomware berasal dari kata ransom  (Inggris) yang artinya tebusan.

Jenis malware ini bertujuan untuk memeras korban yang komputernya terinfeksi virus ransomware dengan meminta sejumlah uang sebagai tebusan.

Bagi para pengguna internet, sering menemukan malware ransomware. Biasanya malware ini muncul ketika mendownload file atau ketika mengunjungi website tertentu. Terlebihi link-link website yang kurang aman untuk dikunjungi. Secara umum jenis ransomware ada dua yaitu :

Baca Juga : Virus Ransomware ‘WannaCry’ Tak Cuma Menyebar Via Jaringan

Locked Ransomware

Locked Ransomware merupakan jenis malware menginfeksi korban dengan menutup akses ke dalam resource yang ada di komputernya. Setelah layar komputer terkunci, maka pelaku akan meminta sejumlah tebusan kepada korbannya, agar bisa diakses kembali.

Cryto Ransomware

Cryto Ransomware merupan jenis yang sering digunakan untuk pelaku kejahatan siber. Cryto Ransomware akan mengenkripsi file-file di dalam komputer, kemudian pelaku akan meminta uang tebusan untuk mendapatkan kunci kembali.

Tidak jarang para pelaku akan mempermainkan korban. Seolah-olah korban merupakan pelaku yang bersalah. Karena merasa takut dan tertekan maka korban akan mengikuti perintah yang pelaku inginkan.

Oleh karenanya kita harus bijak dalam penggunaan internet dan selalu berhati-hati, agar tidak terkecoh oleh malware seperti itu.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply