Bagaimana Tunanetra Bedakan Nilai Uang Kertas?

Unik & Aneh 0
Uang Kertas

Cara Tunanetra membedakan Nilai Uang Kertas

Cikancah-Cyber – Tuhan memang maha adil dan kuasa. Dibalik kekurangan, pasti ada kelebihan. Begitu pula dengan seorang tunanetra. Kadang kita merasa dibuat takjub dengan kemampuan para tunanetra yang piawai membedakan nilai uang kertas sewaktu melakukan transaksi jual beli.

Lantas, bagaimana mereka bisa membedakan uang kertas pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, dan yang lainnya? Bukankah uang kertas itu mempunyai ukuran yang mirip atau bahkan sama?

Ada rahasia kenapa para penyandang tunanetra bisa dengan tepat membaca nilai mata uang kertas. Ternyata uang kertas itu mempunyai embose kecil yang bisa diraba dengan jari. Setiap uang kertas memiliki tanda yang berbeda. Setiap uang kertas di negara mana pun mempunyai ciri khas agar mudah dikenali para tunanetra.

Inilah tanda-tanda yang ada pada uang kertas kita, untuk memudahkan para tunanetra membedakan nilainya.

Uang kertas Rp 100 ribu

Pada uang kertas 100 ribu terdapat satu garis arsir, di mana satu dalam garis arsir terdiri atas dua garis secara berdekatan pada samping kiri dan kanan.

Uang kertas Rp 50 ribu

Dalam uang kertas 50 ribu terdapat dua garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.

Uang kertas Rp 20 ribu

Uang kertas Rp 20 ribu terdapat tiga garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.

Uang kertas Rp 10 ribu

Uang Kertas 10 Ribu terdapat empat garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.

Uang kertas Rp 5 ribu

Dalam uang kertas 5 ribu terdapat lima garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.

Uang kertas  Rp 2 ribu

Sedangkan dalam uang kertas 2 ribu terdapat enam garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah. Letaknya seimbang di samping kiri dan kanan.

Uang kertas  Rp 1.000

Dan pada uang kertas seribu rupiah terdapat tujuh garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah. Letaknya seimbang di samping kiri dan kanan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply