Cara Mengatasi Uban dengan Bunga Sepatu

Artikel, Kesehatan 0
Bunga Sepatu Atasi Rambut Beruban

Bunga Sepatu Atasi Rambut Beruban

Cikancah-Cyber – Kembang sepatu merupakan jenis tanaman hias. Tanaman ini biasanya ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Namun, dibalik keindahannya tanaman kembang sepatu memiliki manfaat yang luar biasa.

Daun dan bunga sepatu berkhasiat untuk menghilangkan uban karena hampir keseluruhan bagian tumbuhan ini mengandung flavonoida atau pigmen alami dalam jumlah besar, dan bahkan termasuk yang terbesar jika dibandingkan dengan kandungan pigmen pada bunga yang lain.

Pigmen alami tersebut tidak hanya bermanfaat untuk memulihkan gangguan uban prematur tetapi juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Selain kandungan flavonoid, tanaman sepatu juga mengandung polifenol dan saponin seperti dalam tanaman teh. Oleh karena itu bunga sepatu dianggap sebagai salah satu cara mengatasi uban secara tradisional yang paling efektif.

Resep Mengatasi Uban dengan Daun Kembang Sepatu

Siapkan beberapa lembar daun sepatu dan air bersih secukupnya. Tumbuk daun bunga sepatu hingga lumat kemudian tambahkan dengan air dan aduk sampai merata. Saring ramuan tersebut dan simpanlah di dalam botol.

Tambahkan air perasan jeruk nipis untuk menambah aroma sekaligus mengurangi minyak pada rambut. Untuk perawatan rambut dalam mengatasi uban prematur, oleskan ramuan ini mulai dari akar rambut hingga ujungnya lalu diamkan selama 30 menit. Setelah  itu cuci rambut seperti biasa dan biarkan kering alami tanpa hair dryer.

Resep Cara Mengatasi Uban dengan Bunga Kembang Sepatu

Ambillah 3 atau 4 mahkota bunga sepatu dan lumatkan. Sementara itu, panaskan 200ml minyak kelapa kemudian tambahkan bunga sepatu yang telah dilumatkan tadi. Tunggu ramuan mendingin kemudian saring dan masukkan ke dalam botol.

Cara menggunakan ramuan ini sangat mudah: oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut saat menjelang tidur kemudian bungkus rambut dengan handuk dan biarkan semalaman. Cuci rambut keesokan harinya  sampai bersih dan tak ada minyak yang tertinggal. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan cepat.

Jika rutin melakukan perawatan rambut dengan tanaman kembang sepatu, niscaya dalam waktu singkat rambut hitam berkilau yang bebas dari uban pasti akan segera menjadi milik Anda. Selamat mencoba.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply