Gempar Hujan Salju di Jakarta, Ini Penjelasannya

Berita, Nasional 0
Jakarta Hujan Salju

Jakarta Hujan Salju (Foto: Dok.Istimewa)

Cikancah-Cyber – Sabtu petang (6/6/2017) terjadi cuaca ekstrim, mendung dan gelap melanda Ibu Kota Jakarta. Titik-titik hujan pun mulai turun. Sekitar pukul 17.00 WIB, awal mula munculnya kehebohan. Apa yang terjadi di jalan Sudirman tidaklah lazim, sehingga menimbulkan kehebohan di dunia maya.

Jalan utama yang letahnya berada di depan gedung Ratu Plaza ini tiba-tiba diselimuti oleh gumpalan berwarna putih. Jika dilihat sekilas akan terlihat seperti salju pekat. Gumpalan putih itu menggemparkan para netizen yang sedang berada di sekitar lokasi.

Apakah Jakarta sedang bersalju? Sehingga foto-foto fenomena itu bermunculan di jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram. Memang sekilas seperti sedang bersalju.

Namun tidak usah khawatir, karena fenomena itu hanyalah fenomena biasa. Benda yang seperti salju itu ternyata hanyalah buih busa sabun. Buih busa sabun yang bercampur dengan air hujan menjadikan buih busa itu semakin tebal dan banyak. Terlebih lagi karena terbawa arus lalu-lintas yang melindasnya.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memastikan bahwa tumpukan putih bak salju di jalan Sudirman bukan salju. Semua itu merupakan busa limbah.

Jika ada yang mengatakan tumpukan itu salju, semua bohong belaka. Karena Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis tidak mungkin akan terjadi hujan salju. “Fenomena salju bisa terjadi di daerah subtropis dan kutub, jadi tidak benar berita yang beredar tersebut”, ungkap Kepala Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko.

Dan Harry pun menegaskan, di Indonesia dengan iklim tropis tidak mungkin akan terjadi hujan salju.

Banyak orang yang menduga-duga dan ramai membahas fenomena busa bak salju itu. Tetapi BMKG dan para saksi yang melintas jalan Sudirman memastikan kalau benda itu busa limbah bukan salju.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply